×Close

Notifications

Disqus Logo

Tuesday, September 17, 2019

Seni Pewarna Kehidupan

Seni tidak bisa dilepaskan dalam kehidupan manusia karena sudah menjadi salah satu bagian dari kehidupan manusia dari zaman ke zaman hingga saat ini. Bahkan, keberadaan seni sangat melekat dalam kehidupan manusia sehingga tidak salah jika masih ada hingga kini. Perkembangan seni dari zaman ke zaman semakin terlihat perubahannya, bahkan saat ini banyak seni-seni yang dapat kita rasakan di dalam kehidupan sehari-hari.

Seni dapat mewarnai setiap dimensi kehidupan. Kita dapat menganalogikan jika "kehidupan" ibarat kanvas, sedangkan "seni" ibarat kuas beserta catnya. Ketika kanvas dan kuas (beserta cat) dikolaborasikan, maka akan terlihat indah sehingga kanvas yang awalnya putih menjadi berwarna. Begitu pun dengan seni, seni berperan sebagai pewarna dalam kehidupan karena dengan seni kehidupan menjadi semakin indah.

Selain memiliki peran sebagai pewarna kehidupan, seni juga memiliki banyak manfaat, baik manfaat individu maupun manfaat sosial. Dari segi individu, seni menjadi kebutuhan emosional dan kebutuhan fisik. Sedangkan dari segi sosial, seni juga dapat menjadi media hiburan, media komunikasi, atau pun media pendidikan.

Banyak hal yang dapat kita rasakan di dalam seni. Intinya bahwa seni itu salah satu anugerah yang telah Tuhan berikan kepada hamba-Nya. Dengan seni kita bisa berkarya, menikmati, dan merasakan. Ada pepatah mengatakan bahwa dengan seni hidup menjadi indah, dengan ilmu hidup menjadi mudah, dan dengan agama hidup menjadi terarah.
Hidup tanpa menikmati seni adalah hidup tanpa menikmati hidup.

Tags :

bm

MHT

Pembelajar

Spread Goodness and Expedience.

  • MHT
  • Agustus 19, 2000
  • Megamendung, Bogor, Jawa Barat
  • muhamadhusnitamami@gmail.com
  • +62821 2582 6729

Post a Comment