×Close

Notifications

Disqus Logo

Tuesday, October 29, 2019

Bincang Hangat dengan Presiden GOPAC Soal Organisasi dan Kepemimpinan

Sunyoto (2012:34) menyatakan, kepemimpinan adalah setiap upaya seseorang yang mencoba untuk memengaruhi tingkah laku seseorang atau kelompok, upaya untuk memengaruhi tingkah laku ini bertujuan untuk perorangan, tujuan teman, atau bersama-sama dengan tujuan organisasi yang mungkin sama atau berbeda. 

Terkait kepemimpinan, sosok yang dikenal oleh banyak orang yakni Fadli Zon menanggapi bahwa bicara soal kepemimpinan selain juga bisa karena bakat, bisa juga karena tempaan di dalam organisasi. Pemimpin lahir dari sebuah organisasi, tidak mungkin pemimpin itu sendirian. Ia harus bekerja sama dan mengatur yang dipimpinnya.

"Ada orang yang pendiam, ada orang yang banyak ngomong, dan macam-macam karakter lainnya. Di situlah pemimpin melakukan pendekatan-pendekatan, manajemen, dan kerja sama sehingga akhirnya dia bisa diikuti," kata Presiden GOPAC, Fadli Zon.

Pemimpin harus mampu membawa pengikut-pengikutnya dari satu tempat A ke tempat B. Satu tujuan A harus ditempuh dengan berbagai cara di dalam berorganisasi, seperti dalam organisasi Pramuka, OSIS, atau pun yang lainnya.

Pada dasarnya organisasi itu penempa seorang pemimpin, karena itu akan diuji di awal bagaimana ia disukai atau tidak dengan teman-temannya. Apakah ia seorang pemimpin yang adil, atau hanya pemimpin yang suka dengan orang tertentu, tetapi tidak bisa membagi tugas kepada yang lain. Pemimpin itu harus bisa memberikan yang sama kepada yang dipimpinnya. Harus bisa juga memberikan saran-saran ketika organisasi itu harus mengambil keputusan. Pemimpin harus berani mengambil keputusan. Walaupun setiap keputusan selalu ada pro-kontra dan resikonya, pemimpin harus mampu menghadapinya.

Di kalangan pelajar, sosok Fadli Zon menilai organisasi sangat penting untuk diikuti. Menurutnya, dari dulu yang memimpin Indonesia menuju kesadaran itu adalah kaum terpelajar.

"Kalau kita ingat lagi dulu, Budi Utomo itu adalah para pelajar. Selain itu, Sumpah Pemuda juga adalah orang-orang pelajar dan pemuda serta mahasiswa. Pada umumnya, pelajar-pelajar itu mempunyai idealisme yang tinggi dan jiwa kepeloporan yang tinggi. Jadi, memang kepemimpinan harus mulai dilatih dari sejak pelajar," kupas Fadli Zon saat bincang hangat di The Paseban pada Kamis (17/10/2019).

Rujukan : Posumua, C.O. 2013. Kompetensi, kompensasi, dan kepemimpinan pengaruhnya terhadap kinerja karyawan pada Rumah Sakit Ratumbuysang Manado. Jurnal EMBA. 1 (4):646-656.

Tags :

bm

MHT

Pembelajar

Spread Goodness and Expedience.

  • MHT
  • Agustus 19, 2000
  • Megamendung, Bogor, Jawa Barat
  • muhamadhusnitamami@gmail.com
  • +62821 2582 6729

Post a Comment