×Close

Notifications

Disqus Logo

Thursday, October 31, 2019

Langkah Hari MHT - Sabar dan Ikhlas - Kamis, 31 Oktober 2019

Hari ini adalah hari yang terdapat hikmah serta pembelajaran yang bisa diambil. Hari esok saya harus bisa lebih baik lagi dari hari ini. Saya merasa, diri saya ini belum menjadi diri yang sebenarnya. Mungkin membutuhkan waktu untuk berprosesnya. Akan tetapi, saya selalu berusaha untuk menjadi diri saya sendiri ketimbang menjadi diri orang lain.

Saya suka dengan gaya sederhana. Bagi saya, sederhana itu adalah cara hidup. Bukan berarti kita miskin, tetapi dengan kesederhanaan kita merasa hidup ini lebih dari cukup. Itulah yang selalu saya terapkan dalam kehidupan. Sederhana.

Ada yang menarik di hari ini. Saat kuliah Biologi Umum, posisi duduk saya berada di paling depan. Tepat depan dosesn pengajar. Kala itu jamnya ngantuk, ba'da dzuhur. Di tengah-tengah perkuliahan, saya ngantuk dan rasanya jika tidur akan nikmat. Tetapi, saya berpikir lagi. Selain malu di depan dosen ketika tidur, saya juga akan tertinggal materinya.Ya sudah, kala itu saya memberanikan diri untuk meminta izin ke kamar mandi. Setelah ditanya mau apa? Saya malah jawab mau cuci muka. Ya jelaslah tidak diizinkan. 

Konon waktu perdana kuliah dengan dosen tersebut, diusahakan hal-hal yang bersifat pribadi dilakukan sebelum perkuliahan, seperti halnya ke kamar mandi. Ya sudah, saat itu saya menerima saja dengan memaksakan diri untuk tidak tidur. Ya, walaupun kadang ngalenyap.

Setelah beberapa waktu, ada teman saya namanya N. Dia ingin ke kamar mandi, katanya sih sudah tidak kuat. Dengan nada yang meyakinkan, akhirnya diizinkan oleh dosen itu.

Dalam kejadian ini saya belajar tentang makna bersabar dan ikhlas. Tentu ini sangatlah panjang dan lebar. Yang pasti, saya harus menerima apa yang telah terjadi dengan ikhlas.

Banyak hal yang bisa saya pelajari di hari ini. Semoga hari esok lebih baik lagi dari hari ini. Terima kasih untuk orang-orang yang senantiasa mengisi waktu hari ini bersama saya.

Bogor, 31 Oktober 2019
Muhamad Husni Tamami

Tags :

bm

MHT

Pembelajar

Spread Goodness and Expedience.

  • MHT
  • Agustus 19, 2000
  • Megamendung, Bogor, Jawa Barat
  • muhamadhusnitamami@gmail.com
  • +62821 2582 6729

Post a Comment