×Close

Notifications

Disqus Logo

Sunday, October 13, 2019

Leadership School IPB 2019 Gerbang Awal Sang Pemimpin

Leadership School IPB 2019 adalah sebuah program tahunan Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM KM) IPB yang bekerja sama dengan Ditmawa IPB. Di tahun ini kegiatan Leadership School dilaksanakan mulai dari 15 September hingga 13 Oktober 2019.

Kegiatan ini dibagi ke dalam lima pertemuan, di antaranya Grand Opening, One Day Fun Day, Course 1, Course 2, dan Grand Closing. Dalam setiap pertemuannya terdapat nilai-nilai yang dapat diambil dan diimplementasikan dalam kehidupan.

Secara garis besar, kegiatan ini membuka pandangan calon pemimpin bangsa Indonesia di masa mendatang. Seorang pemimpin tentunya harus dibekali ilmu-ilmu kepemimpinannya agar saat memimpin tidak keluar dari koridor nilai kepemimpinannya.
Seorang pemimpin juga bukan hanya sekadar mementingkan dirinya sendiri, seperti ia lebih bangga dengan jabatan yang diembannya, stukturnya, maupun yang lainnya, tetapi seorang pemimpin harus mampu merangkul orang-orang yang dipimpinnya. Mengutip dari Presiden Mahasiswa IPB, Muhamad Nurdiansyah, pemimpin adalah orang yang memberikan keteladanan dan pengaruh kepada yang dipimpinnya. Pemimpin bukanlah orang yang egois, tetapi ia hadir di tengah-tengah yang dipimpinnya dan merasakan apa yang dirasakan orang-orang yang dipimpinnya.

Pembicara dalam kegiatan ini juga pada hebat-hebat. Setiap pembicara membuka pandangan peserta tentang kepemimpinan dan memberikan motivasi-motivasi untuk kehidupan di masa kini dan masa mendatang. Ilmu yang diberikan oleh pembicara sangat menyentuh hati, pikiran, dan jiwa raga. Banyak hal yang dapat diambil, dipelajari, dan diterapkan dalam kehidupan. Semua itu berkat Tuhan Yang Maha Esa dan para panitia hebat Leadership School IPB 2019. 

Namun, kegiatan ini bukanlah langkah akhir kita sebagai calon-calon pemimpin dalam membekali diri kita. Kegiatan ini adalah gerbang awal bagi kita untuk menjadi pemimpin yang baik di kemudian hari. Mari kita implementasikan setiap kata yang diucapkan oleh berbagai pembicara. Mari kita sama-sama menjadi pemimpin yang baik. Mari kita sama-sama membangun negeri tercinta melalui pemimpin-pemimpin hebatnya. Ingat, pemimpin saat ini akan digantikan oleh kita yang akan memimpin di masa mendatang. Maka dari itu, jadilah pemimpin yang sejati, pemimpin yang amanah, pemimpin yang jujur, pemimpin yang tanggung jawab, pemimpin yang adil, dan pemimpin yang memberikan keteladan bagi yang dipimpinnya.
Berikut ini beberapa kutipan. Semoga ada manfaatnya.
Pemuda hari ini, pemimpin masa depan.
Yang terpenting dalam kepemimpinan adalah dapat memengaruhi orang lain pada jalan yang baik.
Jika kita ingin belajar menjadi seorang pemimpin, belajarlah pada diri kita sendiri. Pada dasarnya kita adalah pemimpin yang memimpin diri kita. Maka, jika kita sudah bisa memimpin diri sendiri, kita juga akan bisa memimpin orang lain. 
Ada kalanya kita berada di depan, ada kalanya berada di tengah, dan ada kalanya berada di belakang. Semua posisi itu harus tetap konsisten dalam mewujudkan tujuan yang telah menjadi kesepakatan.  
Jangan haus dengan kekuasaan. Ingatlah, seorang pemimpin akan diminta pertanggungjawabannya oleh yang menguasai kekuasaan.
Wahai generasi bangsa. Bangun dan bukalah matamu. Pedulilah dengan bangsamu. Jadilah generasi emas yang mampu memimpin negeri ini ke arah yang baik. Ingatlah, negeri ini sedang membutuhkan pemimpin-pemimpin yang jujur, amanah, adil, tanggung jawab, dan berkahlak mulia. Tetapi, bukan hanya sekadar terpampang dalam tulisan yang ditempel di mana-mana, melainkan tertanam dalam hati lalu dilaksanakan oleh jiwa dan raga.
Teruntuk panitia Leadership School IPB 2019, maafkan kami sebagai peserta. Terima kasih atas jamuannya, baik jamuan akhlaknya, senyumannya, tindakannya, dan lain-lainnya yang tentunya memberikan contoh yang baik pada kami sebagai peserta. Semua yang kakak-kakak berikan Insya Allah akan kami terapkan dalam kehidupan. Salam hangat dari kami. Salam cinta dari kami. Semoga kita dapat bertemu kembali di kemudian hari dan di surga-Nya yang telah kita rindukan setiap hari.

Bogor, 13 Oktober 2019
Muhamad Husni Tamami kelompok 14 Leadership School IPB 2019
Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat
Fakultas Ekologi Manusia
Wa : 082125826729
Line : mht_ibaratkata
IG/FB : Muhamadhusnitamami
Email : muhamadhusnitamami@gmail.com

Tags :

bm

MHT

Pembelajar

Spread Goodness and Expedience.

  • MHT
  • Agustus 19, 2000
  • Megamendung, Bogor, Jawa Barat
  • muhamadhusnitamami@gmail.com
  • +62821 2582 6729

Post a Comment