×Close

Notifications

Disqus Logo

Wednesday, October 30, 2019

Mampukah Indonesia Menjadi Negara Maju dan Pendapatan per Kapita 27 Juta per Bulan di 2045?


Setelah resmi dilantik menjadi Presiden Republik Indonesia oleh Ketua MPR Republik Indonesia Bambang Soesatyo, Presiden Jokowi membeberkan beberapa target yang hendak dicapainya, salah satu targetnya adalah keluar dari jebakan kelas menengah dan menjadi negara maju di satu abad Indonesia merdeka, yakni pada tahun 2045.

"Mimpi kita, cita-cita di 2045, 1 abad Indonesia merdeka mestinya Insya Allah Indonesia keluar dari jebakan negara berpendapatan kelas menengah. Indonesia menjadi negara maju dengan pendapatan Rp 320 juta per kapita per tahun atau 27 juta per kapita per bulan, itu lah target kita bersama," ujar dia di Gedung MPR/DPR, Jakarta, Minggu (20/10/2019) seperti dikutip dari liputan6.com.

Dikutip pada Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat  bahwa pertumbuhan  ekonomi  merupakan  masalah  jangka  panjang  yang  memengaruhi perkembangan   suatu   negara, di mana  pertumbuhan   ekonomi   menggambarkan tingkat  kesejahteraan  masyarakat  di  negara  tersebut.  PDB  merupakan  salah  satu indikator   yang   mencerminkan tinggi rendahnya tingkat kemakmuran   di suatu negara,  dalam  hal  ini  tingkat  pendapatan  per kapita  Indonesia masih  cenderung rendah    dan mengalami    ketertinggalan    dibandingkan    dengan    negara-negara tetangga.  Rendahnya  pendapatan  masyarakat berimplikasi  pada rendahnya  tingkat investasi  yang dapat dilakukan  masyarakat  itu  sendiri,  terutama  investasi  dalam bidang  pendidikan. Dalam  hal  tersebut,  pemerintah  semakin  gencar  melakukan perbaikan    guna    mendukung pembangunan    ekonomi    terutama    pada    sektor pendidikan. 

Hal itu menyangkut pada sumber daya manusia. Artinya negara harus mampu mendukung dan meningkatkan sumber daya manusia guna mewujudkan impiannya terutama dalam sektor ekonomi.

Begitu pun dikatakan oleh ekonom pada Rabu (30/10/2019) yang menjadi dosen IPB sekaligus Dekan Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB, Dr. Ir. Nunung Nuryartono, M. Si. Menurutnya bahwa hal ini bisa saja terjadi dengan hadirnya sumber daya manusia (SDM) yang kuat, kualitas, dan unggul. Mengapa SDM? Karena ia (SDM) yang mengerakkan ekonomi. Tidak mungkin ada negara maju yang sumber daya manusianya tidak kuat.

Jika kita berkaca di masa sekarang, tentu ada beberapa orang yang bilang tidak mungkin terjadi. Akan tetapi, ada pepatah mengatakan bahwa dalam dunia ini tidak ada yang tidak mungkin. Berarti bisa dikatakan bahwa di tahun 2045 mungkin saja Indonesia bisa menjadi negara maju dan mencapai pendapatan per kapita per tahun RP. 320 juta atau 27 juta per kapita per bulan.

Semuanya membutuhkan kerja sama dan dukungan dari berbagai pihak. Jika hanya beberapa saja yang bergerak, kecil kemungkinan tidak bisa. Namun, jika semuanya terlibat, sama-sama membangun ekonomi bangsa, besar kemungkinan di tahun 2045 indonesia menjadi negara maju.

Rujukan : Mulyanti, D. 2019. Meningkatkan taraf perekonomian dan kesejahteraan melalui perencanaan investasi pendidikan. Jurnal Pengabdian Masyarakat. 2 (1): 89-95.

Tags :

bm

MHT

Pembelajar

Spread Goodness and Expedience.

  • MHT
  • Agustus 19, 2000
  • Megamendung, Bogor, Jawa Barat
  • muhamadhusnitamami@gmail.com
  • +62821 2582 6729

1 Reviews: