×Close

Notifications

Disqus Logo

Wednesday, October 30, 2019

Upaya Meningkatkan Keselamatan Lalu Lintas di Jalur Puncak

Sumber gambar : www.liputan6.com

Keselamatan lalu lintas sangat penting untuk di pelajari dan diterapkan dalam kehidupan sehari – hari. Karena ini berhubungan dengan nyawa seseorang. Jika pengguna kendaraan tidak mematuhi peraturan lalu lintas, mungkin saja bisa merugikan dirinya dan orang lain yang menjadi korbannya. Maka berhati-hatilah dalam berkendara, jika tidak berhati-hati akan menyebabkan kecelakaan. Kecelakaan dalam lalu lintas selalu terjadi, karena itu ulah manusia yang tidak sadar akan pentingnya keselamatan dalam berlalu lintas.
Kecelakaan lalu lintas dipengaruhi tiga faktor utama. Tiga faktor utama tersebut yang menyebabkan terjadinya kecelakaan. Faktor pertama adalah manusi, faktor kedua adalah kendaraan, dan faktor ketiga adalah jalan.
Ada beberapa cara mengatasai kecelakaan-kecelakaan khususnya yang sering terjsadi di jalur Puncak. Upaya-upaya untuk mengatasi kecelakaan-kecelakan ini agar jalaur Puncak bisa meningkat dalam keselamatan lalu lintasnya adalah dibuatkan lebih banyak lagi rest area sepanjang jalur puncak. Karena rest area ini bisa menampung kendaraan yang ingin melakukan istirahat. Biasanya para pengguna jalan selalu parkir di bahu jalan dan menyebabkan jalan semakin sempit, sehingga jalan menjadi macet. Tetapi, dengan adanya rest area di jalur Puncak bisa mengatasi dan meminimalisir kemacetan.
Potret kendaraan yang parkir di bahu jalan

Selain dari pada itu, bisa juga dibuatkan sebuah tempat penyimpanan kendaraan pribadi untuk para wisata yang akan berwisata ke jalur Puncak. Kendaraan pribadinya diparkirkan di tempat ini, kemudian disediakan kendaraan khusus untuk yang akan melakukan liburan dan berwisata di Puncak. Tempat ini juga diberikan fasilitas-fasilitas yang nyaman agar masyarakat bisa menikmatinya. Dengan adanya upaya ini, bisa meminimalisir volume kendaraan yang melewati jalur Puncak dan bisa meminimalisir kemacetan ketika di hari libur.
Selain dibuatkan rest area dan tempat penyimpanan kendaraan bagi yang berwisata, agar bisa memantau dan meningkatkan upaya keselamatan lalu lintas, dibuatkannya posko-posko keselamatan lalu lintas di berbagai titik. Posko inilah yang akan menjadi salah satu upaya dalam peningkatan keselamatan lalu lintas.
Semuanya bisa asalkan ada kolaborasi dari berbagai pihak. Tulisan dibuat sejak tahun 2018 dan ide tersebut juga ada di tahun yang sama.

Tags :

bm

MHT

Pembelajar

Spread Goodness and Expedience.

  • MHT
  • Agustus 19, 2000
  • Megamendung, Bogor, Jawa Barat
  • muhamadhusnitamami@gmail.com
  • +62821 2582 6729

Post a Comment