×Close

Notifications

Disqus Logo

Thursday, November 28, 2019

Hubungan Media Sosial terhadap Komunikasi Primer di Kalangan Mahasiswa PPKU IPB

Sumber gambar : www.indonesiaartikel.com
Mahasiswa Program Pendidikan Kompetensi Umum (PPKU) merupakan mahasiswa tingkat satu di Institut Pertanian Bogor. Sebagai mahasiswa yang notabene kaum millenials ini tentunya tidak terlepas dari genggaman gawai, khususnya media sosial karena media sosial sudah menjadi salah satu kebutuhan hidup bagi mahasiswa milenial. Pada zaman ini mahasiswa wajib hukumnya untuk memiliki media sosial karena banyak tugas perkuliahan yang harus diunggah ke media sosial. Bahkan jumlah suka dan komentar pun akan masuk ke dalam kriteria penilaian tugas kuliah.

Hal tersebut terbukti dalam hasil wawancara yang menggunakan media kuesioner. Hasil survei membuktikan bahwa 85,2% mahasiswa PPKU sering menggunakan media sosial, 14,85% dikategorikan jarang menggunakan media sosial (kadang-kadang), dan tidak ada satu pun mahasiswa yang tidak menggunakan media sosial.
Diagram 1. Persentase penggunaan media sosial di kalangan mahasiswa PPKU.
Selain itu, 85,2% mahasiswa PPKU juga mengeklaim bahwa media sosial sangat penting untuk digunakan. Alasan menggunakan media sosial sangat beragam, seperti untuk komunikasi, mendapatkan informasi, mengatasi kejenuhan, kepentingan pribadi atau organisasi, dan lain-lain.

Banyak hal yang dapat dilakukan oleh mahasiswa PPKU ketika menggunakan media sosial, di antaranya sebagai berikut.

Chatting 
Setiap orang yang menggunakan media sosial tidak terlepas penggunaannya dari chatting. Sama halnya dengan mahasiswa PPKU yang memanfaatkan media sosial dengan chatting. Dengan adanya chatting, mahasiswa menjadi lebih mudah berkomunikasi, sebab dapat dilakukan di mana pun dan kapan pun.

Video Call 
Selain untuk chatting, agar mendapatkan kepuasan yang maksimal biasanya mahasiswa PPKU menggunakan media sosial untuk video call yang mempermudah komunikasi dan bisa melihat langsung wajah lawan bicara melalui jaringan internet. Beberapa sosial media juga menyediakan fitur efek-efek yang dapat digunakan pada saat sedang melakukan video call

Scroll Konten Menarik 
Tidak jarang ditemukan bahwa mahasiswa PPKU menggunakan media sosial hanya untuk mencari konten-konten menarik atau sekadar mengisi waktu luang saja. 

Membaca Grup 
Ada juga mahasiswa PPKU yang menggunakan media sosialnya untuk membaca grup. 

Sarana Hiburan 
Media sosial menjadi sarana hiburan bagi mahasiswa PPKU. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan stres karena tugas kuliah atau pun kepenatan dunia kuliah. 

Melihat Foto dan Mencari Inspirasi 
Ada juga mahasiswa PPKU yang menggunakan media sosial sebagai ajang untung melihat foto dan mencari inspirasi. Di media sosial sangat mudah untuk melihat foto orang lain. Begitu pun dengan melihat orang yang memberikan inspirasi. Hal ini dilakukan untuk menjadi motivasi mahasiswa agar bisa meniru orang tersebut sebagai salah satu inspirasi hidupnya. 

Poin-poin di atas merupakan hal-hal yang sering dilakukan oleh mahasiswa PPKU dalam media sosial. Walaupun mahasiswa PPKU banyak yang menggunakan media sosial, komunikasi primer yang dilakukan oleh mahasiswa PPKU tidak berhenti untuk dilakukan. Hal ini dibuktikan oleh diagram yang menerangkan bahwa 66,7% kehadiran media sosial tidak mengganggu proses komunikasi primer. Artinya bahwa keberadan media sosial di kalangan mahasiswa PPKU tidak menghambat proses komunikasi secara langsung, baik antarmahasiswa, kepada dosen, maupun yang lainnya.
Diagram 2. Persentase pengaruh media sosial terhadap komunikasi primer di kalangan mahasiswa PPKU.
Selain itu, mayoritas mahasiswa PPKU menanggapi bahwa berkomonikasi lebih efeketif secara langsung (komunikasi primer) dibandingkan menggunakan media sosial (komunikasi sekunder). Walaupun menggunakan media sosial, mahasiswa PPKU bukan berarti menjadikan media sosial sebagai media komunikasi yang sepenuhnya, melainkan sebagai media komunikasi kedua setelah komunikasi langsung atau istilahnya disebut komunikasi primer.

Tags :

bm

MHT

Pembelajar

Spread Goodness and Expedience.

  • MHT
  • Agustus 19, 2000
  • Megamendung, Bogor, Jawa Barat
  • muhamadhusnitamami@gmail.com
  • +62821 2582 6729

Post a Comment