×Close

Notifications

Disqus Logo

Tuesday, December 3, 2019

Kenali Manfaat Menulis


Setelah kita mulai membiasakan menulis, memotivasi diri untuk selalu menulis, dan menggemari kegiatan membaca, langkah selanjutnya adalah mengenal manfaat menulis. Tujuan mengenal manfaat menulis adalah agar kita merasa ingin terus menulis karena dengan menulis ada manfaat-manfaat yang bisa kita ambil. Manfaat tersebut tentunya bukan hanya sekadar untuk diri sendiri, melainkan juga manfaat untuk para pembacanya.

Manfaat Menulis 

1. Menghilangkan Stres
Menulis mampu menghilangkan stres. Dengan menulis juga kita bisa mencurahkan perasaan kita dan meluapkan segala emosi kita sehingga setelah menulis ada perasaan lega pada diri kita karena masalah yang ada pada diri kita terasa sudah tidak ada lagi. Kasus seperti ini telah dirasakan oleh para penulis lainnya. Banyak para penulis yang mencurahkan hatinya melalui puisi, cerpen, atau bahkan yang lebih panjang melalui novel. 

2. Alat untuk Menyimpan Memori
Seperti dikatakan pada subbab awal bahwa "sepotong pena mampu menembus ruang dan waktu". Hal ini berkaitan dengan menulis yang mampu menjadi memori daya ingat kita karena jika hanya mengandalkan memori otak saja tentunya tidak akan cukup. Disimpan melalui memori otak kemungkinan bisa lupa atau dengan kata lain tidak ingat lagi. Dengan demikian, menulis mampu menjadi alaat untuk menyimpan memori yang bisa kita baca setiap saat.

3. Melatih Otak untuk Terus Berpikir
Merangkai kata yang dituangkan dalam bentuk tulisan tak semudah membalikkan telapak tangan. Tentu membutuhkan proses berpikir yang ekstra agar menghasilkan tulisan yang berkualitas. Akan teteapi, jika sudah terbiasa menulis, merangkai kata yang dimaksudkan di atas tidak sesulit orang yang belum terbiasa menulis. Hal ini berkaitan dengan manfaat yang ketiga, yakni menulis dapat melatih otak untuk terus berpikir. Sadar atau tidak, otak kita sedang diasah ketika kita sedang menulis. Hal ini juga akan mampu meningkatkan kinerja otak. 

4. Media Berbagi Kemanfaatan
Jika kita menjadikan menulis sebagai ladang beramal, menulis juga akan menjadi media berbagi kemanfaatan. Tidak jarang para penulis membagikan sebuah pengalamannya, ilmunya, dan kehidupannya dalam bentuk tulisan yang nantinya akan bermanfaat bagi pembaca dan bisa menjadi inspirasi juga bagi para pembacanya.

Selanjutnya Graves (dalam Akhadiah dkk., 1998:1.4) berkaitan dengan manfaat menulis mengemukakan bahwa: (1) menulis mengasah kecerdasan, (2) menulis mengembangkan daya inisiatif dan kreativitas, (3) menulis menumbuhkan keberanian, dan (4) menulis mendorong kemauan dan kemampuan mengumpulkan informasi.

Selain itu, Komaidi (2007:12–13) dalam jurnal Metalingua mengemukakan enam manfaat menulis, yaitu sebagai berikut.

”Pertama, untuk menimbulkan rasa ingin tahu (curiocity) dan melatih kepekaan dalam melihat realitas di sekitar. Kedua, melalui kegiatan menulis, mendorong seseorang untuk mencari referensi seperti buku, majalah, koran, dan jurnal. Melalui kegiatan tersebut, akan menambah wawasan dan pengetahuan tentang apa yang ditulis. Ketiga, melalui kegiatan menulis, terlatih untuk menyusun pemikiran dan argumen secara runtut, sistematis, dan logis. Keempat, melalui kegiatan menulis, secara psikologis akan mengurangi tingkat ketegangan dan stres. Kelima, melalui kegiatan menulis, apabila hasil tulisan dimuat oleh media massa atau diterbitkan oleh suatu penerbit, akan memperoleh kepuasan batin karena tulisannya dianggap bermanfaat bagi orang lain. Selain itu, juga memperoleh honorarium (penghargaan). Keenam, mendapatkan popularitas apabila tulisannya dibaca oleh banyak orang. Hal ini akan memperoleh kepuasan tersendiri dan merasa dihargai oleh orang lain.”

Kemudian, pembaca juga akan merasakan manfaatnya, misalnya menambah wawasan baru, meningkatkan kosakata, meningkatkan konsentrasi, menambah inspirasi, dan ribuan manfaat lainnya.



Rujukan :
Oktaria, D. Andayani. Saddhono, K. Penguasaan kalimat efektif sebagai kunci peningkatan keterampilan menulis eksposisi. 2017. Jurnal Metalingua. 2 (15):165-177.

Sardila, V. 2015. Strayegi pengembangan lingustik terapan melaluo kemampuan menulis biografi dan auto biografi : sebuah upaya membangun ketereampilan menulis kreatif mahasiswa. Jurnal Pemikiran Islam. 2 (40):114-115.

Tags :

bm

MHT

Pembelajar

Spread Goodness and Expedience.

  • MHT
  • Agustus 19, 2000
  • Megamendung, Bogor, Jawa Barat
  • muhamadhusnitamami@gmail.com
  • +62821 2582 6729

1 Reviews: