×Close

Notifications

Disqus Logo

Friday, December 13, 2019

Memulai Menulis dari Hal Terkecil


Sesuatu yang besar tidak akan tiba-tiba besar, tentunya memiliki proses yang membutuhkan waktu. Ada yang membutuhkan waktu panjang dan ada juga yang hanya membutuhkan waktu singkat. Perubahan dari kecil hingga besar tersebut tidak akan berhasil jika tidak ada komitmen, konsisten, dan kerja keras.

Begitu pun dengan dunia kepenulisanan. Seorang penulis yang kita anggap sebagai penulis hebat sebetulnya ia telah melewati tantangan-tantangan yang ada padanya. Tidak mungkin jika seorang penulis hebat tiba-tiba dalam sekejap menjadi penulis yang dikenal banyak orang. Tentunya ada tantangan-tantangan besar sehingga bisa menjadi terkenal oleh banyak orang.

Jika kita ingin menjadi seorang penulis, mulailah dengan hal terkecil, misalnya kita menulis story kehidupan sehari-hari yang telah kita lakukan dari pagi hingga malam. Tulis saja apa yang ada dalam benak kita lalu tuangkan semuanya dalam tulisan. Awal-awal tidak apa-apa jika hasil tulisannya masih berantakan, tapi harus memiliki tekad dan semangat untuk memperbaiki tulisannya. Penulis pemula harus mau memberanikan diri untuk meminta penilaian kepada orang lain sebagai bahan evaluasi hasil tulisan yang kita buat.

Seorang penulis selalu mengasah dirinya dengan cara membaca buku dan rutin menulis di setiap hari-harinya agar kemampuan dalam menulisnya semakin meningkat. Tidak apa-apa jika belum bisa menulis panjang, yang pasti kita mau berusaha untuk menuliskannya.

Menulis berarti mengabadikan momen hidup yang bisa menembus ruang dan waktu.

Tags :

bm

MHT

Pembelajar

Spread Goodness and Expedience.

  • MHT
  • Agustus 19, 2000
  • Megamendung, Bogor, Jawa Barat
  • muhamadhusnitamami@gmail.com
  • +62821 2582 6729

Post a Comment