×Close

Notifications

Disqus Logo

Monday, December 30, 2019

Pendidikan Kepramukaan Lahirkan Sumber Daya Unggul

Indonesia adalah negara yang memiliki penduduk terbesar keempat di dunia. Hal ini tentunya menjadi tantangan untuk kita. Apalagi di masa mendatang Indonesia akan mendapatkan bonus demografi. Bonus demografi adalah suatu kondisi komposisi jumlah penduduk yang berusia produktif lebih besar daripada jumlah penduduk yang tidak produktif. Indonesia akan mendapatkan bonus tersebut beberapa tahun lagi. Pertanyaannya, apakah bonus demogafi ini menjadi anugerah bagi Indonesia atau bahkan menjadi musibah yang dapat merusak citra bangsa Indonesia? Untuk menghadapi hal itu, harus disiapkan sumber daya manusia yang unggul, berintegritas, kreatif, inovatif, dan memiliki orientasi ke masa depan. Di sinilah Gerakan Pramuka hadir sebagai salah satu upaya untuk membangun bangsa di masa kini dan masa depan melalui sumber daya manusia yang berkualitas. Sumber daya manusia tersebut dididik, dilatih, ditempa, dan dibina dalam sebuah pendidikan yang disebut dengan kepramukaan.

Kepramukaan adalah adalah proses pendidikan di luar sekolah dan di luar lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, dan praktis yang dilakukan di alam terbuka dalam Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan. Sasaran akhirnya dari pendidikan ini adalah pembentukan watak, akhlak, dan budi pekerti luhur. Dalam menjalankan sistem pendidikannya, Pramuka menyesuaikan dengan keadaan, kepentingan, serta perkembangan masyarakat dan bangsa Indonesia.

Dalam Gerakan Pramuka terdapat nilai-nilai yang dijunjung dan diimplementasikan dalam kehidupan, yakni Tri Satya dan Dasa Darma. Tri Satya adalah tiga janji yang dipegang teguh oleh anggota Pramuka dan harus ditepati, sedangkan Dasa Darma adalah sepuluh nilai-nilai dasar yang harus dilakukan oleh setiap anggota Pramuka. Nilai-nilai tersebut melekat dalam jati diri seorang anggota Pramuka. Tidak heran jika anggota Pramuka memiliki keperibadian yang baik, santun, sopan, dan kepribadiaan baik lainnya yang dikenal oleh masyarakat.

Tidak hanya itu, dalam pendidikannya Pramuka juga dilatih untuk terus berinovasi dan berkreatif. Pramuka dituntut untuk terus memberikan sumbangsih kepada bangsa, terutama kepada elemen masyarakat, karena Pramuka selalu mengabdi kepada masyarakat sesuai dengan nilai yang terkandung di dalam Tri Satya dan Dasa Darma.

Pendidikan kepramukaan juga menjadi salah satu daya dukung dalam membangun sumber daya manusia. Pramuka dapat memberikan solusi dan jawaban dari semua harapan bangsa Indonesia. Bahkan, saat ini pemerintah mewajibkan adanya kegiatan kepramukaan di lingkungan sekolah. Pramuka diberikan kepercayaan oleh pemerintah untuk membangun generasi muda yang berkualitas. Tentu saja Pramuka menjadi organisasi yang diharapkan bangsa. Pramuka akan terus melahirkan sumber daya manusia yang unggul dan berkualitas untuk nusa, bangsa, dan agama.

Semoga bermanfaat.
Muhamad Husni Tamami
082125826729

Tags :

bm

MHT

Pembelajar

Spread Goodness and Expedience.

  • MHT
  • Agustus 19, 2000
  • Megamendung, Bogor, Jawa Barat
  • muhamadhusnitamami@gmail.com
  • +62821 2582 6729

1 Reviews: