×Close

Notifications

Disqus Logo

Thursday, December 5, 2019

Rumus 3M dalam Menulis


Dalam membiasakan menulis perlu adanya motivasi kuat untuk terus melahirkan karya-karya yang berbentuk tulisan. Motivasi tersebut bisa datang dari diri sendiri (internal) atau pun datang dari orang lain (eksternal). Motivasi dibangun guna untuk meningkatkan kemauan menulis seseorang. Dengan motivasi, kegiatan menulis bisa terus berlanjut hingga menghasilkan tulisan-tulisan yang berkualitas.

Dalam subbab ini, penulis akan menguraikan rumus 3 M dalam menulis. Rumus ini telah dilakukan oleh penulis dan telah dibuktikan hasilnya juga. Dengan 3 M tersebut, penulis masih tetap konsisten hingga sekarang untuk terus berkarya dalam dunia kepenulisan.

1. Memulai dari hal kecil
Jika Anda sebagai penulis pemula, cobalah untuk menulis perkara kecil dalam hidup Anda. Misalnya, Anda bisa menulis hari-hari Anda dalam buku diary atau juga dalam catatan kecil. Tulis saja apa adanya karena langkah ini secara tidak langsung akan melatih Anda untuk menulis dengan cara memulai dari hal kecil. 

Menulis dengan memulai dari hal kecil sangat efektif untuk meningkatkan kebiasaan dalam menulis. Langkah ini sangat sederhana untuk dilakukan. Hanya bermodal buku catatan kecil, tetapi bisa melahirkan karya-karya besar (suatu saat nanti). Untuk itu, jika Anda ingin mudah merangkai kata, ingin menjadi penulis profesional, cobalah lakukan dengan hal sederhana dulu. Ingat bahwa sesuatu yang besar dimulai dari hal terkecil, begitu pun dengan dunia kepenulisan.

2. Memulai dari yang terdekat
Rumus pertama mampu membuat Anda terbiasa dengan menulis karena dimulai dari hal kecil. Langkah selanjutnya adalah memulai dari yang ada di sekitar Anda. Usahakan untuk tidak langsung mencoba menulis sesuatu yang di luar jangkauan Anda. 

Kita ambil contoh, misalnya Anda suka jalan-jalan di hari libur. Cobalah untuk menulis tentang perjalanan Anda. Buatlah tulisan sederhana yang isinya menggambarkan tentang perjalanan itu. Langkah ini akan membuat Anda menjadi suka dengan keduanya, yakni suka dengan jalan-jalan dan kegiatan menulis. Anda bisa menjelaskan alasan mengapa suka dengan jalan-jalan atau Anda juga bisa menjelaskan manfaat jalan-jalan hingga akhirnya bisa merubah paradigma orang-orang bahwa jalan-jalan itu bukan untuk berfoya-foya, melainkan untuk mempererat hubungan kekerabatan (misalnya jika jalan-jalannya bersama keluarga). 

Memulai dari yang terdekat bukan membatasi untuk berkarya. Boleh saja Anda mencoba keluar dari zona Anda. Namun, penulis menyarankan untuk melakukan dari hal-hal yang di dekat Anda. Tujuannya agar Anda tidak memulai dari nol lagi karena jika Anda mencoba keluar dari zona Anda, berarti Anda harus memulai dari awal. 

Memulai menulis dari yang ada di sekitar Anda akan membuat Anda menjadi suka dengan dunia kepenulisan. Anda juga akan menjadi semangat untuk menulisnya. Jika Anda sudah banyak menulis sesuatu yang ada di dekat Anda, Anda bisa mengumpulkannya tulisan tersebut dan diterbitkan untuk menjadi buku. Hal ini juga bisa menjadi karya untuk Anda dan bisa bermanfaat untuk para pembaca.

3. Memulai dari sekarang
Kedua rumus di atas tidak akan bisa dilakukan jika Anda hanya berdiam diri dan tidak mulai bertindak. Untuk itu, rumus ketiga ini akan memotivasi Anda untuk melakukan kegiatan menulisnya dari sekarang dengan menulis dari hal kecil dan hal di dekat Anda.

Itulah rumus 3M yang bisa Anda implementasikan dalam diri Anda. Semangat untuk menulis. Motivasikanlah menulis untuk kebermanfaatan diri sendiri dan orang lain. Ingat, niatkan untuk ibadah.

Mulailah untuk berkarya. Jangan menunggu waktu lagi. Selagi Tuhan masih memberikan kesempatan untuk hidup, manfaatkanlah untuk berkarya.
Semoga bermanfaat :)

Tags :

bm

MHT

Pembelajar

Spread Goodness and Expedience.

  • MHT
  • Agustus 19, 2000
  • Megamendung, Bogor, Jawa Barat
  • muhamadhusnitamami@gmail.com
  • +62821 2582 6729

Post a Comment