×Close

Notifications

Disqus Logo

Monday, January 27, 2020

Arti Sukses dari Dua Sisi

Sukses tidak harus dikaitkan dengan seberapa besar penghasilan kita.
Kalimat sederhana namun penuh makna di atas menjadi pembuka tulisan ini. Kita tahu bahwa banyak orang memandang kesuksesan itu ada kaitannya dengan besarnya penghasilan. Padahal tidak harus demikian, karena standar kesuksesan setiap orang berbeda-beda dan pernyataan tersebut belum tentu menjadi standar kesuksesan setiap orang.

Sebelumnya, tulisan yang dibagikan pada kali ini merupakan hasil dari pembelajaran di Komunitas Perubahan Diri IP Academy yang disampaikan oleh Bapak Yasier selaku Founder PT Inti Perubahan.

Dalam kesempatan ini, MHT akan membahas tentang arti sukses dari dua sisi. Sebelum membahas tentang sukses, coba jawab sejenak dalam hati oleh diri sendiri, sebenarnya apa arti sukses menurut kamu? Sudahkah kamu menjadi orang sukses? 

Secara umum, sukses dapat diartikan telah mendapatkan apa yang diinginkan. Rasa bangga dan senang selalu ada ketika telah meraih kesuksesan. 

Sukses yang disampaikan oleh Bapak Yasier memiliki arti dua sisi, yakni sukses menurut diri sendiri dan menurut orang lain. Ada orang yang sudah mendapatkan penghasilan miliaran, tetapi merasa dirinya belum sukses karena ada hal-hal yang belum terwujud, misalnya ingin ketika meninggalnya membawa iman dan Islam serta meninggal dalam keadaan husnul khotimah sehingga memudahkannya masuk surga. Nah, walaupun sudah berpenghasilan miliaran, tetapi merasa belum sukses. Ini merupakan pandangan sukses menurut diri sendiri. Sementara itu, ketika orang lain melihat kita sukses karena telah berpenghasilan lebih banyak, hidup sudah enak, dan serba mewah, maka pandangan arti sukses ini menurut orang lain. 

Jika kita bandingkan, arti sukses menurut diri sendiri dengan menurut orang lain sangat berbeda. Kita fokus saja dengan arti sukses menurut kita. Tentukan arti kesuksesan versi kita. Berjuang terus untuk mencapainya. Setelah sukses, ajaklah orang lain untuk bisa sukses seperti kita agar kesuksesan kita semakin bermakna.

Orang sukses mampu memberikan nilai kepada dirinya dan orang lain. #Yasier

Tags :

bm

MHT

Pembelajar

Spread Goodness and Expedience.

  • MHT
  • Agustus 19, 2000
  • Megamendung, Bogor, Jawa Barat
  • muhamadhusnitamami@gmail.com
  • +62821 2582 6729

Post a Comment