×Close

Notifications

Disqus Logo

Thursday, January 2, 2020

Jaga Alam agar Alam Jaga Kita

Qodarullah jika bencana menimpa di tengah-tengah kehidupan kita. Akan tetapi, jadikan hal itu sebagai pembelajaran kehidupan. Dibalik semua itu terdapat banyak hikmah yang bisa kita petik dalam kehidupan.

Kejadian bencana yang telah terjadi memang sudah takdir-Nya. Kita harus pandai dan bijak dalam menanganinya. Sejatinya kita harus siap siaga setiap saat, karena kita tidak tahu kapan dan di mana bencana itu akan datang.

Akhir-akhir ini Allah turunkan hujan yang begitu lebat setelah keringnya musim kemarau di bulan-bulan lalu. Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah mensyukuri nikmat hujan yang telah Allah berikan kepada kita. Coba renungkan, dengan hujan saja Allah mampu membuat tanah longsor, banjir, jalan amblas, pohon tumbang, dan lain sebagainya. Apalagi dengan kehendak Allah yang lebih dahsyat lagi dari hujan. Renungkan.

Hujan yang telah terjadi dan bencana yang telah menimpa mari kita jadikan sebagai ajang untuk muhasabah diri. Mungkin saja ini peringatan dari Allah. Kita ambil hikmah dibalik semua ini. Kita ketahui bahwa Allah selalu memiliki rencana yang terbaik untuk setiap hamba-Nya dan kita sebagai hamba-Nya tidak mengetahui apa rencana yang sedang dibuat-Nya. 

Sebagai ikhtiar kita, mari kita jaga alam dengan baik dengan melestarikan alam yang ada di sekitar kita. Hal ini adalah upaya ikhtiar kita untuk meminimalisir bencana yang terjadi seperti banjir, longsor, dan lain sebagainya. Walaupun bencana tersebut merupakan kehendak Allah, tetapi kita sebagai hamba-Nya minimal ada ikhtiar dan upaya untuk menjaga alam dan meminimalisir bencana yang terjadi di kemudian hari.

Sebagai contoh, kita ketahui salah satu penyebab bencana banjir adalah banyaknya sampah yang yang berserakan karena dibuang sembarangan. Sebagai hamba-Nya, kita harus berupaya untuk membuang sampah ke tempat yang semestinya. Bila perlu kita jadikan sebagai karya melalui daur ulang sampah agar sampah tersebut memiliki nilai lebih. Upaya lain yang bisa kita lakukan adalah tidak menebang pohon dan melakukan reboisasi pada lahan-lahan yang sudah gundul. Lahan yang gundul dan banyaknya pohon yang ditebang juga menjadi salah satu penyebab terjadinya banjir.

Contoh di atas merupakan contoh kecil yang bisa kita lakukan. Masih banyak contoh-contoh lainnya yang bisa kita implikasikan di setiap lini kehidupan.

Mari kita jaga alam agar alam jaga kita. Perbanyak mengingat Tuhan agar kita senantiasa diberikan perlindungan.

Tulisan ini dibuat untuk saling mengingatkan, saling bermuhasabah, dan saling bahu membahu untuk senantiasa meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT melalui merenungkan gambaran alam yang telah Allah kehendaki untuk kita. Semoga bermanfaat.

Wallaahu a'lam.

Bogor, 2 Januari 2020
Muhamad Husni Tamami

Kasil Penggolekan

Web result

Tags :

bm

MHT

Pembelajar

Spread Goodness and Expedience.

  • MHT
  • Agustus 19, 2000
  • Megamendung, Bogor, Jawa Barat
  • muhamadhusnitamami@gmail.com
  • +62821 2582 6729

Post a Comment