×Close

Notifications

Disqus Logo

Thursday, January 30, 2020

Manajemen Waktu untuk Aktivitas yang Berkualitas

Setiap orang mendapatkan waktu yang sama dalam menjalani hari-harinya, yakni 24 jam. Namun, tidak semua orang mampu mengatur dan memanfaatkan waktunya dengan baik. Terkadang dari 24 jam tersebut banyak waktu yang terbuang dengan sia-sia, seperti terbuang karena menggunakan waktu yang tidak bermanfaat.

Pada dasarnya setiap orang menginginkan kehidupannya produktif. Setiap waktu yang dilewatinya penuh kepuasan. Artinya tidak ada waktu yang terbuang sia-sia. Akan tetapi, menerapkan hal itu memang tidak mudah. Butuh latihan dan proses agar kita mampu menggunakan dan mengatur setiap waktu yang kita lewati dengan baik.

Untuk menggunakan dan mengatur waktu agar tidak sia-sia perlu adanya manajemen waktu atau time management  yang baik. Menurut Antonius Atosokhi Gea  (2014), time management yang baik sangat penting dalam menghadapi tekanan dari kehidupan modern tanpa harus mengalami banyak stres. Waktu yang bagus di pekerjaan berarti melakukan pekerjaan berkualitas tinggi, bukan terutama tinggi dalam hal kuantiti.

Memanajemen waktu yang baik akan memudahkan kita dalam melakukan setiap aktivitas. Aktivitas yang kita lakukan akan terorganisir dengan baik sehingga setiap waktu yang terlewati oleh kita adalah waktu telah kita gunakan dengan baik. Manajemen waktu juga bisa mengatur pola istirahat kita sehingga aktivitas produktif tidak terganggu akibat kurangnya istirahat.

Kita akan merasa puas ketika waktu yang kita gunakan sangat memberikan dampak positif kepada kita. Namun, jika pola manajemen waktu kita masih kurang baik, cobalah membuat tantangan. Dalam satu hari coba kita gunakan waktu dengan hal-hal yang bermanfaat. Minimalisir hal-hal yang tidak memberikan dampak positif untuk kedepannya.

Tidak ada kata terlambat untuk terus meng-upgrade diri agar lebih baik melalui manajemen waktu yang baik. Ada beberapa cara untuk menerapkan pola manajemen waktu yang baik, di antaranya:

1. Mengetahui mana aktivitas yang perlu dilakukan dan mana aktivitas yang tidak perlu dilakukan pada waktu tertentu
2. Memotivasi diri agar terus melakukan hal-hal yang bermanfaat sehingga waktu yang kita lewati tidak terbuang sia-sia
3. Membuat agenda harian
4. Mengevaluasi setiap aktivitas kita setelah semua rangkaian aktivitas seharian dilakukan agar kita bisa mengetahui apa saja yang perlu diperbaiki dan dikurangi jika masih ada waktu yang terbuang dengan sia-sia

Jika prinsip memanajemen waktu yang baik sudah diterapkan, cobalah teguh pada prinsip itu. Usahakan tidak tergiur atau terbawa oleh orang lain. Kita harus menyadari bahwa kita memiliki impian untuk diwujudkan di masa depan. Seandainya tidak dipersiapkan sejak dini melalui manajamen waktu yang baik, bisa saja impian kita hanya sekadar tulisan dan harapan kosong. Untuk itu, mulailah dari sekarang, mulailah dari hal kecil, dan mulailah dari diri sendiri. Yakinkan bahwa kita mampu memanajemen waktu dengan baik.

Setiap waktu yang kita lewati tidak akan pernah kembali. Gunakan waktu dengan baik untuk menghasilkan yang terbaik. MHT
Manajemen waktu yang baik akan melahirkan aktivitas-aktivitas berkualitas. MHT 

Semoga bermanfaat dan silahkan di share. Salam MHTnesia .
#MenebarKebaikandanKemanfaatan
@MHTnesiacenter
@MuhamadHusniTamami

Rujukan:
Gea, A.A. 2014. Time management: menggunakan waktu secara efektif dan efisien. Jurnal Humaniora. 2 (5): 777-785

Tags :

bm

MHT

Pembelajar

Spread Goodness and Expedience.

  • MHT
  • Agustus 19, 2000
  • Megamendung, Bogor, Jawa Barat
  • muhamadhusnitamami@gmail.com
  • +62821 2582 6729

6 Reviews:

  1. Semoga bermanfaat L)

    ReplyDelete
  2. Time management is very important to do anything. Mantap MHT👍👍

    ReplyDelete
  3. Rannisa Yola9:06:00 AM

    MANTAP HUSNI! Semoga kedepannya bisa terus menginspirasi!

    ReplyDelete