×Close

Notifications

Disqus Logo

Wednesday, January 1, 2020

Media Sosial Ibarat Dua Mata Pisau


Sadar atau tidak kita berada di era segala mudah. Dulu, ketika ingin mengirimkan pesan harus menggunakan surat. Itu pun membutuhkan waktu dalam mengirim ataupun menerima suratnya. Sekarang proses saling tukar pesan sudah sangat mudah. Hanya modal data internet juga sudah bisa. Waktunya pun begitu cepat. Tidak sampai lima detik bisa menembus ruang yang cukup jauh jangkauannya. Bahkan, sekarang bukan hanya sekadar mengirim atau menerima pesan saja, melainkan mengetahui keberadaan seseorang ataupun aktivitas seseorang dengan sangat cepat dan mudah. Semua itu kita kenal dengan media sosial.

Merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), media sosial adalah laman atau aplikasi yang memungkinkan pengguna dapat membuat dan berbagi isi atau terlibat dalam jaringan sosial. Saat ini, media sosial sudah menjadi kebutuhan hidup setiap orang. Tak heran jika hampir setiap orang memiliki media sosial dalam kehidupan sehari-harinya.

Hadirnya media sosial membuat kita menjadi mudah dalam menjalankan setiap aktivitas. Kita bisa saling berkomunikasi dengan jarak jauh, berbagi cerita, canda tawa, akses bisnis, diskusi, belajar, dan dampak positif lainnya. Namun, di sisi lain media sosial juga dapat memberikan dampak negatif jika tidak bijak dalam penggunaannya. Hal ini sering dianalogikan bahwa media sosial ibarat dua mata pisau. Jika kita bijak dalam menggunakannya, tentu akan memberikan banyak dampak positif kepada kita. Sebaliknya, jika kita memanfaatkan media sosial sebagai tindak kejahatan, tentu akan berdampak negatif bagi diri kita dan orang yang ada di sekitar kita.

Sejatinya kehadiran media sosial harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Bukan digunakan untuk kegiatan yang merugikan. Mari kita jadikan media sosial sebagai ladang menebar benih-benih kebaikan dan kemanfaatan.

“Bukan kita yang diatur oleh media sosial, melainkan kita yang mengatur media sosial hingga akhirnya bisa menjadi tempat menebar kebaikan dan kemanfaatan” MHT.

Tags :

bm

MHT

Pembelajar

Spread Goodness and Expedience.

  • MHT
  • Agustus 19, 2000
  • Megamendung, Bogor, Jawa Barat
  • muhamadhusnitamami@gmail.com
  • +62821 2582 6729

1 Reviews: