×Close

Notifications

Disqus Logo

Saturday, January 4, 2020

Tahukah Anda Proxy War?

Mungkin generasi milenial tidak semuanya mengetahui tentang perang proxi (Porxy War) ini. Bisa saja baru mengetahui saat membaca tulisan ini. Nah, sebetulnya apa itu Proxy War atau Perang Proxi? 

Seperti yang sudah disampaikan oleh Bapak Bayu Sintesa dalam penyampaian materi di Diklat Bela Negara Jalur Ketua OSIS IPB Univeristy, saya akan membuat suatu kesimpulan bahwa Proxy War adalah kondisi di mana kedua pihak sedang diatur oleh pihak ketiga secara tidak sadar sehingga akan menghancurkan kedua pihak yang menjadi mainan pihak ketiga tersebut.

Alangkah liciknya pihak dibalik Proxy War yang senantiasa dapat merugikan kedua pihak secara tidak langsung. Sedangkan pihaknya (pihak ketiga) berada di posisi menguntungkan. Ia hanya mengatur dan menunggunya salah satu atau keduanya hancur. 

Sadar atau tidak, negeri yang kata orang memiliki sumber daya alam yang melimpah ini secara tidak langsung sedang di Proxy War. Oleh siapa?  Entahlah, yang pasti ada pihak yang ingin menghancurkan negeri ini. Salah satu contohnya adalah adanya game online yang sudah menjadi konsumsi generasi muda yang nantinya sedikit demi sedikit akan menghancurkan bangsa dan negara di masa mendatang. Masih banyak contoh-contoh Proxy War dalam bentuk lain. Untuk itu, tetap hati-hatid dan mari kita berupaya untuk menghadapi Proxy War ini.

Ada beberapa hal upaya dalam menghadapi Proxy War, di antaranya :
1. Menumbuhkan jati diri bangsa
2. Menolak dan melawan propaganda negatif
3. Menolak pemahaman yang tidak sesuai dengan 4 pilar
4. Mengedukasi masyarakat tentang Proxy War

Tetaplah bijak dan kritis dalam menangani setiap permasalahan negeri. Jangan sampai negeri yang kita cintai ini menjadi boneka orang lain. Mari kita sama-sama menjaga NKRI ini dengan cara yang kita bisa dan yang kita punya.

Tags :

bm

MHT

Pembelajar

Spread Goodness and Expedience.

  • MHT
  • Agustus 19, 2000
  • Megamendung, Bogor, Jawa Barat
  • muhamadhusnitamami@gmail.com
  • +62821 2582 6729

Post a Comment