×Close

Notifications

Disqus Logo

Sunday, February 2, 2020

Cara Buat Blog dengan Super Mudah


Halo para pembaca MHTnesia Center yang ganteng dan cantik. MHT tidak hanya berbagi soal motivasi saja. Kali ini MHT akan berbagi cara-cara untuk membuat blog bagi pemula melalui www.blogger.com. Catat baik-baik ya dan semoga bermanfaat.

Sebelumnya, apa itu blog? Blog adalah website yang mengandung konten personal dalam bentuk artikel, video, foto, dan link ke website lain yang disediakan oleh penulis blog (Sumber:  Merriam Webster)

Dikutip dari Niaga Hoster, berikut ini struktur standar sebuah blog.

Header: Biasanya terletak dibagian atas blog. Header berisi tentang judul blog, deskripsi blog, dan menu blog.
Navbar: Elemen ini biasanya terletak di atas header. Fungsi dari Navbar untuk mempermudah editor/pemilik blog dalam mengelola blog nya. Navbar biasanya tidak akan tampil jika diakses oleh user selain pemilik blog.
Main blog: Biasanya terletak di bagian tengah blog. Di sinilah tempat dimana postingan blog berada. Pada Main Blog juga terdapat struktur seperti judul, tanggal, nama penulis, serta kolom komentar.
Sidebar: Pada elemen ini biasanya terdapat Popular Post, Archive. Anda juga dapat menambahkan widget lainya seperti kalender, jam, dan widget menarik lainnya. Letaknya bisa di kiri atau kanan sebuah blog.
Footer: Terletak paling bawah blog. Biasanya terdapat informasi singkat pemilik blog, kontak atau form subscribe untuk diisikan alamat email.

Cara membuat blog bagi pemula versi MHT sangat mudah. Hal penting yang harus dimiliki oleh calon blogger adalah alamat email. Berikut ini cara lengkap membuat blog bagi pemula.

1. Masuk ke link www.blogger.com
Setelah masuk www.blogger.com tampilannya akan seperti gambar di atas.

2. Klik buat blog

Setelah klik buat blog,  selanjutnya akan diminta untuk memasukkan alamat email yang nantinya menjadi alamat email untuk blog yang akan dibuat.

3. Tulis Judul Blog, Alamat Blog, dan Pilih Tema yang Sesuai
Di tahap ke- 3 ini sudah mulai masuk ke dashboard blogger. Di sini kita bisa menuliskan judul blog, alamat blog, dan memilih tema yang sesuai untuk blog yang akan kita kelola. Setelah itu, klik buat blog di bawah.
Jika muncul seperti ini boleh di klik X saja karena tampilan ini untuk mencari domain saja.
4. Blog Selesai Dibuat
Blog sudah jadi. Silahkan cek alamat blog kita yang sudah kita buat tadi di tahap ke- 3. Jika ingin memosting tulisan, bisa klik Entri Baru.

Sementara, tutorial pembuatan blog sampai di sini dulu ya. Nanti MHT akan buat tutorial selanjutnya lagi seperti cara memosting, cara mengatur tema, cara mencari tema yang menarik, cara blog agar menghasilkan uang, cara menghilangkan subdomain blogspot, dan lain-lain. Jika ingin ditanyakan silakan komentar di artikel ini ya. Semoga bermanfaat.

Kontak yang bisa dihubungi: 082125826729

Tags :

bm

MHT

Pembelajar

Spread Goodness and Expedience.

  • MHT
  • Agustus 19, 2000
  • Megamendung, Bogor, Jawa Barat
  • muhamadhusnitamami@gmail.com
  • +62821 2582 6729

Post a Comment