×Close

Notifications

Disqus Logo

Tuesday, April 7, 2020

Bagaimana Tokoh Memaknai Hidup dan Kehidupan?


Kalau hidup sekadar hidup. Babi di hutan juga hidup. Kalau bekerja hanya sekadar bekerja. Kera juga bekerja. ~Buya Hamka

Buya Hamka, seorang ulama dan cendekiawan muslim telah memberikan gambaran bahwa hidup bukan hanya sekadar hidup. Kita jangan kalah dengan binatang. Bahkan, harus jauh lebih baik dari binatang. Karena kalau hanya sekadar hidup saja, binatang juga hidup. Begitu pun dengan bekerja, masa iya manusia juga hanya sekadar bekerja seperti kera.

Ini adalah motivasi untuk kita sebagai manusia. Seorang ulama dan cendekiawan mengutarakan hal ini adalah bukti bahwa ia sangat peduli terhadap lingkunganya. Ia ingin manusia itu memanfaatkan masa hidupnya dengan baik dan meningkatkan kualitas kehidupannya. Ketika kerja pun harus bisa menghasilkan. Binatang pun bisa kerja, tapi jangan sampai kerja kita seperti binatang.

Hidup yang kita maknai dan jalani sepenuh hati dengan keihklasan dalam berikhitar untuk menjadi manusia yang lebih baik akan jauh lebih berarti daripada hanya sekadar bangun, tidur, makan, mandi, lalu tidur lagi. Pola kehidupan kita semestinya dikonsep agar lebih bermakna dan bermanfaat. Kita patut belajar kepada lingkungan sekitar termasuk binatang yang sudah diilustrasikan oleh Buya Hamka.
DomaiNesia

Motivasi hidup yang diutarakan oleh Buya Hamka tak beda jauh dengan B.J. Habibie. Seorang tokoh Indonesia yang telah mengukir sejarah dan prestasi bagi bangsa Indonesia pada masanya. Ia meninggalkan banyak pesan yang bermakna, salah satunya tentang kehidupan.

Hiduplah kamu seperti akan mati besok. Dan berbahagialah seperti kamu akan hidup selamanya. ~ B.J. Habibie

Jika dimaknai, maksud pesan ini tidak beda jauh dari Buya Hamka. B.J. Habibie memotivasi kita agar kita sudah menyiapkan bekal untuk kembali kepada-Nya. Jika masih diberikan kesempatan hidup harus dimanfaatkan dengan baik. Kita tidak punya waktu lagi. Jika hari esok adalah hari terakhir kita ada di dunia, apakah kita sudah siap?

Selain kita menganggap akan mati besok, kita pun harus tetap bahagia. Hal ini agar tidak menjadi beban hidup bagi kita. Jadi, selain kita menyiapkan untuk bekal kembali kepada-Nya dengan cara menggunakan kesempatan hidup dengan baik, kita juga harus tetap bahagia dalam menjalani hidup ini.

Selain dari dua tokoh di atas, berikut ini arti hidup menurut para ahli.

I Ketut Gede Yudantara

Kehidupan merupakan anugerah dan amanah sebagai ciptaan Tuhan. Kehidupan merupakan cobaan hidup yang selalu dirundung suatu permasalahan. Kehidupan merupakan penebus dosa serta merupakan suatu proses reinkarnasi.

Campbell, Reece, Mitchell

Kehidupan merupakan suatu hirarki, dimana setiap tingkat sruktur biologis merupakan pengembangan dari tingkatan di bawahnya.

Sayyid Quthb

Kehidupan merupakan rangkaian pengaturan sehingga kita sampai kepada adanya air dan kehidupan.

Nistian Odop

Kehidupan adalah guru yang sesungguhnya.

Suhairi Awang

Kehidupan merupakan suatu kisah yang penuh berliku. kelangsungannya senantiasa berputar – putar di ruang lingkup yang serupa dari satu generasi sejak mula manusia diciptakan hinggalah menjejak kepada waktu yang paling hampir dan kisahnya selalu berulang – ulang.

Paulus Wahana

kehidupan merupakan suatu fakta, yang tidak dengan sendirinya terkait dengan nilai.

Alexander Paulus

Kehidupan adalah sebuah pendakian.

Mitch Axelrod

Kehidupan merupakan sebuah perjalanan untuk dijalani dan dinikmati.

J. C. Michaels
DomaiNesia

Kehidupan adalah perjalanan luar biasa menuju wilayah tak dikenal, sebuah jalur penuh  tipu daya melalui hutan – hutan gelap, sebuha tirai gantung diatas kulit pohon yang bercabang – cabang.

Tokoh, ilmuwan, maupun cendekiawan memberikan gambaran makna hidup selain untuk memotivasi banyak orang, ia juga agar dapat menjalani kehidupannya dengan baik dan memahami betul tentang arti kehidupan sehingga ia dapat menjalani setiap waktu kehidupannya dengan hal yang positif, hal yang bermanfaat untuk masa selanjutnya. 

Nah, bagaimana arti kehidupan menurut Anda? Silakan Anda mempelajari makna hidup dari tokoh, ilmuwan, maupun cendekiawan. Setelah itu Anda buat makna hidup sesuai versi Anda agar Anda mampu memahami betul tentang kehidupan. Jangan sampai Anda terlena karena kehidupan yang menipu daya seperti yang diutarakan oleh J.C. Michaels.
                                                                                                 
Referensi:


Tags :

bm

MHT

Pembelajar

Spread Goodness and Expedience.

  • MHT
  • Agustus 19, 2000
  • Megamendung, Bogor, Jawa Barat
  • muhamadhusnitamami@gmail.com
  • +62821 2582 6729

Post a Comment