×Close

Notifications

Disqus Logo

Sunday, April 26, 2020

Membangun Sumber Daya Manusia Unggul dalam Perspektif Wawasan Nusantara



Wawasan nusantara dapat diartikan sebagai cara pandang terhadap rakyat, bangsa, dan wilayah yang meliputi wilayah darat, laut, dan udara sebagai suatu kesatuan politik, ekonomi, sosial, budaya, dan pertahanan keamanan. Konsep wawasan nusantara menjadi visi bangsa Indonesia dalam mewujudkan cita-cita luhur nasional bangsa Indonesia. Dalam hal ini, wawasan nusantara juga memiliki peran penting dalam mewujudkan Indonesia maju di masa depan. Bahkan, wawasan nusantara sebagai landasan visional bangsa Indonesia.

Dalam mewujudkannya, Indonesia membutuhkan sumber daya manusia yang unggul dan berkualitas. Sumber daya manusia yang dimaksud salah satunya adalah generasi muda. Karena generasi muda adalah aset bangsa untuk menentukan arah bangsa Indonesia di masa mendatang.

Membangun sumber daya manusia dalam perspektif  wawasan nusantara dapat dilakukan melalui pendidikan dari mulai keluarga, sekolah, dan masyarakat.

Keluarga


Keluarga adalah ruang pendidikan pertama dalam kehidupan. Kita akui bahwa di keluarga kita bisa belajar berbicara, berjalan, dan lain sebagainya. Konsep wawasan nusantara dapat dimasukkan dalam lingkungan keluarga. Tidak usah hal-hal yang sifatnya berat dulu, kita bisa iplementasikan hal-hal yang mudah dipahami oleh anggota keluarga.

Di lingkungan keluarga orang tua memiliki peran penting dalam memberikan konsep wawasan nusantara dengan hal-hal yang kecil. Selain itu, anggota keluarga lain pun yang sudah memahami konsep wawasan nusantara bisa diterapkan agar mudah mensososialisasikan konsep wawasan nusantara kepada anggota keluarga lainnya.

Sekolah


Sekolah adalah tempat kita banyak belajar dan mendapatkan ilmu-ilmu baru serta teman baru. Dalam memberikan pemahaman konsep wawasan nusantara tidak harus dilakukan oleh guru mata pelajaran PPKN saja, melainkan guru-guru lain pun ikut serta dalam memberikan pemahaman konsep wawasan nusantara agar siswanya mengenal tentang bangsanya sendiri.

Di lingkungan keluarga dapat dinilai efektif karena biasanya terkait hal-hal yang bersifat kebangsaan, siswa lebih dominan mengikuti apa yang disampaikan oleh guru di sekolah. Ini menjadi ruang bagi para guru sebagai langkah mengimplementasikan wawasan nusantara kepada siswanya.

Masyarakat


Lingkungan masyarakat juga penting dalam memberikan pemahaman konsep wawasan nusantara untuk melahirkan generas bangsa yang unggul dan berkualitas. Pengurus RT yang ruang lingkupnya lebih kecil bisa membuat suatu event kebangsaan. Biasanya suka dilakukan setiap tanggal 17 Agustus. Secara tidak langsung ini adalah cara pengurus RT untuk memberikan pemahaan terkait wawasan nusantara kepada warganya, khususnya generasi mudanya.

Generasi muda harus memahami wawasan nusantara sebagai aset sumber daya manusia di masa mendatang. Dengan demikian, Indonesia tidak akan kehilangan jati diirnya karena generasi mudanya sudah siap untuk membangun bangsa dengan dilandasi pengetahuan-pengetahuan wawasan nusantara yang telah diberikan oleh keluarga, sekolah, dan masyarkaat.

Semoga bermanfaat.


Tags :

bm

MHT

Pembelajar

Spread Goodness and Expedience.

  • MHT
  • Agustus 19, 2000
  • Megamendung, Bogor, Jawa Barat
  • muhamadhusnitamami@gmail.com
  • +62821 2582 6729

Post a Comment