×Close

Notifications

Disqus Logo

Friday, June 26, 2020

Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2020 #Hidup100% - Menjadi Generasi Bangsa Bebas Narkotika


Hari ini, Jumat (26/6) bertepatan dengan Hari Anti Narkotika Internasional atau disingkat HANI. Peringatan HANI tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Di tahun ini peringatan HANI digelar secara virtual yang disiarkan oleh media elektronik dan live streaming.


Dilansir dari bnn.go.id, peringatan HANI diharapkan diikuti oleh seluruh pegawai BNN dan masyarakat Indonesia serta menggelorakannya dengan kegiatan-kegiatan positif dalam rangka Indonesia bebas narkoba. Adapun tagline yang digaungkan oleh BNN adalah #hidup100%. Arti dari #hidup100% ini merupakan ajakan untuk menjadi manusia yang lebih baik dan maksimal dari segala unsur kehidupan.


Hari Anti Narkotika Internasional menjadi momentum untuk memberantas narkotika di Indonesia, namun bukan berarti hanya di HANI saja semangat memberantas narkotika, melainkan setiap hari agar Indonesia bebas dari narkotika.

Dilansir dari Puspensos, narkotika berasal dari bahasa inggris "narcotics" yang artinya obat bius. Narkotka adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, baik sintetis maupun semi sintetis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa nyeri dan dapat menimbulkan ketergantungan (Undang-undang No. 35 Tahun 2009).

Narkotika akan memengaruhi sistem saraf yang dapat menyebabkan tidak merasa apa-apa. Ketika tubuh dipukul pun tidak merasakan apa-apa. Berikut ini merupakan garis besar golongan narkotika yang terdapat dari Permenkes No. 41 Tahun 2017.

1. Tanaman papaver, opium mentah, opium masak (candu, jicing, jicingko), opium obat, morfin, kokain ekgonina, tanaman ganja, dan damar ganja;
2. Garam-garam dan turunan-turunan dari morfina dan kokaina; dan
3. Campuran-campuran dan sediaan-sediaan yang mengandung bahan di atas.

Bahaya narkotika bukan hanya sekadar membuat ketagihan. Berikut beberapa bahaya narkotika lainnya dilansir dari bnn.go.id.

1. Dehidrasi
2. Halusinasi
3. Menurunnya tingkat kesadaran
4. Kematian
5. Gangguan kualitas hidup

Generasi bangsa yang baik tentu tidak akan mengonsumsi narkotika. Narkotika membuat kehidupan menjadi gelap dan hancur. Banyak orang yang sudah terkenal, namun ia jatuh gara-gara narkotika. Banyak juga orang yang meninggal karena kecanduan narkotika. Mengerikan bukan? Untuk itu mari kita tingkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, bergaul dengan orang-orang yang bebas dari narkotika, mengisi waktu dengan hal-hal positif, membantu orang tua, konsisten di jalan kebaikan, produktif, dan jauhi narkotika.

Mari kita menjadi pribadi yang bebas dari narkotika. Jauhi narkotika dan tingkatkan prestasi untuk bangsa. Selamat Hari Anti Narkotika Internasional tahun 2020. #Hidup100%

Muhamad Husni Tamami
Bogor, 26 Juni 2020

Referensi:

Tags :

bm

MHT

Pembelajar

Spread Goodness and Expedience.

  • MHT
  • Agustus 19, 2000
  • Megamendung, Bogor, Jawa Barat
  • muhamadhusnitamami@gmail.com
  • +62821 2582 6729

Post a Comment