×Close

Notifications

Disqus Logo

Wednesday, August 5, 2020

Garang 1 - Masa Pengenalan Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat - IPB University



Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat (SKPM) IPB University rutin setiap tahunnya menggelar Masa Pengenalan Departemen (MPD) bagi mahasiswa yang telah menyelesaikan masa Program Pendidikan Kompetensi Umum (PPKU) selama 2 semester. Di SKPM, Garang menjadi sebutan rangkaian MPD yang wajib diikuti oleh mahasiswa yang baru masuk tingkat 2 ini.

Departemen SKPM melalui Himasiera begitu semangat dalam menyelenggarakan rangkaian Garang ini. Walaupun di masa pandemi Covid-19, Garang tetap dilaksanakan melalui online. Ini adalah bukti keseriusan Himasiera dalam menjalankan program kerjanya.

Pada Rabu (5/8/2020), telah dilaksanakan Garang 1 yang pesertanya adalah mahasiswa SKPM angkatan 56 (2019). Diawali dengan pembukaan oleh MC, Garang 1 sukses dilaksanakan.

Sebelum memasuki Talkshow Inspirasi, Himasiera yang diwakili ketuanya membeberkan terlebih dahulu tentang himpunan program studi yang ada di SKPM, tentunya adalah Himasiera.

Himasiera

Himasiera kependekan dari Himpunan Mahasiswa Peminat Ilmu-ilmu Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat merupakan himpuran program studi yang ada di Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat. Terdapat 8 divisi yang selalu bersinergi menyukseskan kabinet KECE, di antaranya Advertising and Multimedia, Broadcasting, Community Development, Human Resource Development, Journalistic, Photography and Cinematoghraphy, Public Relations, dan Research and Development.

Talkshow Inspirasi

Garang 1 terdapat Talkshow Inspirasi yang memberikan motivasi dan pengalaman atas apa yang telah dilaluinya oleh kakak tingkat. Ada 3 pembicara di talkshow ini dengan background berbeda-beda. Pertama adalah seorang mahasiswa berprestasi (Ilhamda  El Juhri), kedua, organisatoris (Theresa Sekar Hamukti), dan ketiga aktivitas sosial (Yesa Diansari Magdaleva). Berikut simpulan yang disampaikan oleh 3 pembicara keren tersebut.

Mahasiswa Berprestasi

1. Creat your own journey
Dengan SMART

Specific : tujuan/mimpi harus jelas
Measurable : dapat terukur
Aachievable : suatu tujuan yang mendorong untuk meraih mimpi yang masuk akal
Relevant : relefan degan studi kita
Timebound : apa yag harus kita capai dalam waktu tertentu

2. Find a suppertive environment
3. Get to know about stoicism

Ternyata di dunia pasca kampus nanti, keuksesan kamu akan ditentukan 85% dari soft skill dan sisanya dalah hard skill (pengetahuan teknis dan IPK). Soft skill di antaranya kejujuran, visi dan misi kehidupan, disiplin, kerja keras, dan kepemimpinan.

Organisatoris

Okay aku dah keterima di sekolah yang aku mau. Aku ga boleh zonk gitu aja. Apa yang harus aku berikan?.

Organisasi/lembaga adalah modal sosial untuk kita.
Nikmati sukses yang ada. Jangan lupa buat bersyukur dan bahagia selalu atas pilihan lu, karena Tuhan selalu punya alasan kenapa lu berada di situ. 

Aktivis Sosial

Bersyukurlah karena ada lingkungan baik di dekat kita.
Cari tau diri kamu. Kualitas bukan kuantitas. Berproses, jangan hanya instan terus. Bermanfaat dan bahagia.

Itulah beberapa yang bisa dapat di share. Semoga bermanfaat dan terima kasih kepada para pembicara yang keren dan inspiratif.

Bogor, 5 Agustus 2020
Muhamad Husni Tamami 

 

 

Tags :

bm

MHT

Pembelajar

Spread Goodness and Expedience.

  • MHT
  • Agustus 19, 2000
  • Megamendung, Bogor, Jawa Barat
  • muhamadhusnitamami@gmail.com
  • +62821 2582 6729

Post a Comment