×Close

Notifications

Disqus Logo

Thursday, August 6, 2020

Menulis, Menulis, dan Menulis

Source images: jalantikus.com


Setiap orang yang terjun dalam dunia kepenulisan tentunya menginginkan dirinya menjadi seorang penulis. Seorang penulis yang mudah menuangkan ide dan gagasannya, seorang penulis yang diakui kepenulisannya oleh orang lain,  seorang penulis yang bisa menjadi ladang mencari rejeki, dan lain-lainnya.

Segala sesuatu pasti ada prosesnya. Seperti kita yang terus tumbuh hingga tua. Begitu pula dengan penulis. Penulis juga ada prosesnya. Ada yang menjalani prosesnya dengan cepat, ada pula yang lamban. Tergantung kegigihan setiap individu dalam mewujudkan keinginanya menjadi penulis.

Jika ditanya soal kunci menjadi penulis, jawabannya sederhana, yaitu menulis, menulis, adn menulis. Kenapa harus menulis, menulis, dan menulis? Ketika kita membiasakan menulis, maka kita juga akan terbiasa dalam mengolah kata demi kata yang nantinya akan memudahkan kita dalam menyelesaikan tulisan. 

Bagus atau tidaknya, rapih atau tidaknya, sesuai kaidah atau tidaknya, itu nomor belakangan. Intinya kita menulis saja dulu. Tulis apa saja yang ada di dalam benak kita. Hal itu akan membuat otak kita terus bekerja dan otak akan berusaha untuk mencari kata-kata selanjutnya yang cocok dengan kata sebelumnya. 

Menulis, menulis, dan menulis. Terus saja menulis hingga akhirnya kita terbiasa dalam menulis. Ketika ada ide atau gagasan pun kita akan mudah menuliskannya jika kita mau membiasakan diri untuk menulis.

Ketika kita menulis akan banyak manfaat yang kita dapatkan. Selain mengasah kita dalam menulis, menulis juga memberikan manfaat untuk mengasah otak kita, menjadi ladang berbagi ilmu, dan ladang membantu orang lain.

So, semangat terus dalam menulis. Lawan rasa malas yang ada. Tulis saja apa yang ada dibenak kita. Jangan lupa banyak membaca untuk memperbanyak wawasan dan kosakata kita.

Semoga bermanfaat.

Bogor, 6 Agustus 2020

Tags :

bm

MHT

Pembelajar

Spread Goodness and Expedience.

  • MHT
  • Agustus 19, 2000
  • Megamendung, Bogor, Jawa Barat
  • muhamadhusnitamami@gmail.com
  • +62821 2582 6729

Post a Comment