×Close

Notifications

Disqus Logo

Monday, September 7, 2020

Belajar dari Akar

Source images : Dutatv.com
Akar adalah bagian penting dalam suatu tumbuhan. Tanpa akar suatu tumbuhan tidak akan bisa berdiri kokoh. Akar yang besar dan kuat akan memperkuat suatu tumbuhan. Biasanya tumbuhannya juga berukuran besar. Sebaliknya, akar yang kecil akan sekuat akar besar. Contohnya, rumput memiliki akar yang berbentuk serabut dengan ukuran kecil, kemudian pohon kelapa memiliki akar yang kuat dan bisa merambat ke daerah tanah di bawah akar itu. Pasti akan beda kekuatan rumput dengan pohon kelapa. Pastinya pohon kelapa akan lebih kuat dibandingkan rumput.

Akar yang kuat akan memberikan banyak manfaat untuk tumbuhan itu sendiri. Seperti yang sudah dijelaskan tadi, selain untuk menyerap air, akar kuat juga akan memperkokoh suatu tumbuhan.

Dalam dinamika kehidupan tentunya kita akan menghadapi segala rintangan dan tantangan. Apalagi dalam sebuah organisasi yang harus saling kuat menguatkan. Kita sebagai manusia baik yang terlibat dala suatu kelompok/ organisasi maupun yang tidak sejatinya harus menjadi orang yang kuat. Kuat akan jati diri kita yang tidak akan tergoyah ke hal-hal berbau negatif.

Tidak apa kita menjadi sebuah akar dalam kehidupan. Karena sejatinya akarlah yang menguatkan bagian-bagian lainnya walaupun ia tidak terlihat. Akar yang kuat akan meghasilkan bunga yang indah, batang daun yang rindang, dan buah yang lebat. 

Selain itu, dari akar juga kita bisa belajar bahwa di kehidupan ini kita harus memiliki suatu dasar yang kuat agar kita tidak terbawa arus dan jalan yang salah. Akar kehidupan juga bisa diartikan sebagai tiang kehidupan. Tiang yang kuat akan memberikan kekuatan pada suatu bangunan. Untuk itu, kita harus memiliki dan menjadi akar yang kuat.

Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Tags :

bm

MHTNESIA CENTER

Pembelajar

Spread Goodness and Expedience.

  • MHTNESIA CENTER
  • Agustus 19, 2000
  • Megamendung, Bogor, Jawa Barat
  • muhamadhusnitamami@gmail.com
  • +62821 2582 6729

Post a Comment