×Close

Notifications

Disqus Logo

Saturday, September 5, 2020

Belajar dari Padi

Ilmu Padi. Source images : Kompasiona.com

Setelah kemarin kita belajar dari semut dan pohon kelapa, sekarang kita akan belajar dari padi.

Padi selain menjadi bahan makanan pokok bagi kehidupan kita, ternyata di baliknya terdapat nilai pembelajaran yang dapat kita petik. Nilai pembelajaran ini berkaitan dengan sikap rendah hati.

Padi semakin berisi semakin merunduk.

Sebuah quotes yang dapat kita ambil maknanya. Padi memang ketika semakin berisi semakin merunduk. Coba saja diperhatikan. Ketika belum berisi, daun-daun padi seperti tegak. Setelah berisi, ia tidak setegak sebelumnya. 

Hal ini memggambarkan bahwa kita sebagai manusia harus tetap rendah hati. Ketika kita memiliki illmu yang banyak, rezeki yang melimpah, dan memiliki jabatan, tetaplah rendah hati. Rendah hati bukan berarti kita direndahkan orang lain, melainkan suatu tindakan yang mulia.

Tidak harus sombong ketika kita punya segalanya, karena Yang Maha Segalanya mungkin akan mengambil sesuatu yang sedang kita miliki pada saat ini. 

Kita coba implementasikan ilmu padi ini ke dalam kehidupan sehari-hari agar kita dijauhkan dari perilaku-perilaku tercela, salah satunya sikap sombong akan keberadaan diri kita.

Tetap rendah hati dan jika ada lebihnya kita bisa berbagi kepada orang lain, karena apa yang kita miliki belum sepenuhnya punya kita, pasti ada bagian untuk orang lain.

Terima kasih. Semoga bermanfaat.

Muhamad Husni Tamami

Bogor, 5 September 2020

Tags :

bm

MHTNESIA CENTER

Pembelajar

Spread Goodness and Expedience.

  • MHTNESIA CENTER
  • Agustus 19, 2000
  • Megamendung, Bogor, Jawa Barat
  • muhamadhusnitamami@gmail.com
  • +62821 2582 6729

Post a Comment