×Close

Notifications

Disqus Logo

Friday, September 4, 2020

Belajar dari Pohon Kelapa

Tahukah Anda pohon kelapa? Atau pernah melihat bagaimana bentuk pohon kelapa? Semoga Anda pernah melihat ya, minimal mengetahui bagaimana bentuk pohon kelapa. Kalau belum, saya coba perlihatkan gambar pohon kelapa.
Gambar pohon kelapa. Source: amongguru.com

Pohon kelapa populer dikenal di daerah pesisir pantai. Padahal di kampung-kampung juga kita bisa temukan pohon yang menjulang ke atas ini. 

Ada yang menarik dari pohon kelapa dan ini menarik juga untuk dibahas. Berikut fakta menarik dari pohon kelapa.

1. Menjulang Tinggi ke Atas

Pohon kelapa salah satu pohon yang menjulang tinggi ke atas. Hal ini bisa kita petik hikmah dari menjulang tinggi ke atas. Apa itu?

Menjulang tinggi ke atas bisa dikaitkan dengan mimpi kita. Ya, mimpi kita sejatinya harus tinggi. Ir. Soekarno pernah bilang bahwa "Bermimpilah setinggi langit, kalau pun jatuh hanya di antara bintang-bintang"//

Kita bisa belajar dari pohon kelapa ini. Sejatinya memang kita perlu memiliki impian dalam hidup ini, baik impian yang akan kita capai di dunia maupun impian yang akan kita capai di akhirat. Yang pasti kita musti memiliki impian agar hidup kita terarah dan terstruktur.

Selain itu, menjulang tinggi ke atas juga menggambarkan optimis. Ya, kita harus optimis bisa menghadapi segala liku-liku kehidupan. Dengan optimis, kita bisa melewati segala rintangan. Semakin kita optimis, rintangan akan kita anggap suatu hal yang mudah untuk dilewati. Ini pembelajaran yang bisa kita petik.

2. Akarnya Kuat

Coba sejenak memperhatikan bagaimana bentuk akar pohon kelapa. Akarnya kuat bukan? Ya, pohon kelapa memiliki akar yang kuat. Buktinya ketika ada angin pohon kelapa tetap kokoh.

Hal ini juga bisa kita ambil hikmahnya bahwa kita sebagai manusia harus memiliki pondasi yang kuat. Pondasi ini akan menjadi sebuah kekuatan dalam menjalani segala aktivitas kita. 

Sebuah bangunan membutuhkan pondasi. Tanpa pondasi tidak akan berdiri. Walaupun tetap berdiri suatu saat akan roboh.

Untuk itu kita perlu memiliki sebuah pondasi, kekuatan yang menjadikan kita kokoh berdiri tegap menjalani kehidupan dengan penuh kepotimisan.

3. Banyak Manfaatnya

Apakah Anda salah satu orang yang menikmati manfaat dari pohon kelapa? Jika ya, berarti Anda telah membuktikan bahwa pohon kelapa memiliki manfaaat.

Manfaat pohon kelapa bisa kita rasakan atau nikmati dari mulai ujung akar hingga ujung daunnya. Mulai dari akar yang bisa dijadikan obat, batang yang bisa dijadikan papan atau kebutuhan bangunan, buah kelapanya yang bisa kita nikmati, air kelapanya yang bisa membuat kita segar kembali, daunnya yang bisa menjadi bahan bakar/ bahan ketupat, lidinya bisa menjadi sapu, dan lain sebagainya.

Wah.... Banyak sekali ya manfaatnya. Tentu dong. Nah, bagaimana jika dikaitkan dalam kehidupan kita?

Pohon kelapa yang memiliki banyak manfaat bisa menjadi motivasi untuk kita bahwa kita harus menjadi orang yang bemanfaat. Bukankah sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain? 

Kebermanfatan kita untuk lingkungan sekitar bisa dimulai dari hal-hal terkecil. Ya, minimal kita membantu orang yang membutuhkan kita. Intinya, jika kita ingin menjadi orang yang bermanfat, mulai dari sekarang dan dari diri kita sendiri.

4. Tumbuh dan Hidup di Mana Saja

Pohon kelapa mengajarkan kita untuk bisa survive. Selain itu, di mana pun kita berada kita harus bisa menonjol. Quote yang mudah diingat untuk Anda dari saya adalah "Di mana pun kita berada, di situ kita harus berkarya".

Kemudian, kita harus mampu beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar dengan tetap mempertahankan jati diri kita. Kita tidak harus seperti orang lain, tetap menjadi diri kita sendiri. Pun seperti kelapa yang tetap menjadi pohon kelapa ketika tumbuh dan hidup di mana saja, bukan menjadi pohon mangga atau bahkan pepaya. So, tetap be yourself.

Itulah beberapa contoh pembelajaran yang dapat kita petik dan implementasikan dalam kehidupan. Silakan tulis di kolom komentar untuk jika ada manfaat-manfaat yang belum ditulis. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Muhamad Husni Tamami
Bogor, 4 September 2020

Tags :

bm

MHTNESIA CENTER

Pembelajar

Spread Goodness and Expedience.

  • MHTNESIA CENTER
  • Agustus 19, 2000
  • Megamendung, Bogor, Jawa Barat
  • muhamadhusnitamami@gmail.com
  • +62821 2582 6729

Post a Comment