×Close

Notifications

Disqus Logo

Thursday, January 21, 2021

Edukasi dan Perubahan Perilaku #40

 


Terjun ke lapangan. Bertemu dengan bergaam karakter masyarakat. Ada yang menolak, ada pula yang menerima. Itu merupakan bagian dari dinamika kehidupan masyarakat. Pengalaman itu saya rasakan ketika bergabung di Duta Edukasi dan Perubahan Perilaku.

 

Melakukan sosialisasi program pemerintah kepada masyarakat ternyata tidak mudah, tapi tidak juga sulit. Terkadang butuh kesabaran. Komunikasi juga penting. Usahakan tidak menggangu aktivitasnya.

 

Duta Edukasi dan Perubahan Perilaku melakukan sosialisasi 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan) kepada masyarakat. Kegiatan ini merupakan program dari Satgas Covid-19 yang melibatkan para mahasiswa dari berbagai daerah. Dilakukan di beberapa titik yang saat ini masuk ke zona rawan penyebaran Covid-19.

 

Dalam pelaksanaannya, dilakukan juga pembagian masker. Pantauan di lapangan, beberapa ada yang memiliki masker, tapi tidak digunakan.

 

"Maskernya ada, tapi lagi gak dipake," begitulah kira jawaban dari salah satu masyarakat.

 

Ada juga yang lupa, tidak membawa dan memakainya saat keluar. Semoga melalui edukasi perubahan perilaku ini masyarakat sudah mulai peduli dengan dirinya sendiri melalaui penerapan 3M.

 

Di samping itu, saya juga ingin mengajak untuk memnimalisir penggunaan masker medis (sekali pakai). Akhir-akhir ini masker jenis tersebut menjadi limbah dan memberikan dampak buruk pada lingkungan. Yuk kita pakai kain saja.

Tags :

bm

MHT

Pembelajar

Spread Goodness and Expedience.

  • MHT
  • Agustus 19, 2000
  • Megamendung, Bogor, Jawa Barat
  • muhamadhusnitamami@gmail.com
  • +62821 2582 6729

Post a Comment