×Close

Notifications

Disqus Logo

Thursday, January 21, 2021

Jalur Ketua OSIS IPB 2021

Mahasiswa jalur Ketua OSIS IPB tahun 2019

Institut Pertanian Bogor atau dikenal dengan IPB University adalah salah satu kampus yang peduli dalam pembentukan leadership bagi para mahasiswanya. Selain terdapat Asrama Kepemimpinan dan Kader Pejuang Pertanian, IPB University juga membuka jalur masuk khusus untuk Ketua OSIS. Tentu ada syarat dan ketentuannya.

Nah, sebelum kita membahas itu. Saya mau memperkenalkan dulu (siapa tau ada calon mahasiswa IPB yang mau melalui jalur Ketua OSIS dan belum kenal saya hehe). Nama saya MHT. MHT aja? Nggak dong hehe. Itu nama branding saya. Lebih lengkapnya adalah Muhamad Husni Tamami. Saya alhamdulillah menjadi salah satu mahasiswa yang lulus melalui jalur Ketua OSIS pada tahun 2019. Saya adalah Ketua OSIS periode 2017-2018 di SMAN 1 Cisarua Bogor. Sekarang saya di Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia, IPB University.

Saya mau cerita dulu. Tahun kemarin (2019) saya iseng-iseng aja membuat tulisan tentang tata cara masuk jalur Ketua OSIS di IPB. Tulisannya pun saya ambil di website resmi ipb.ac.id yang memuat tentang jalur Ketua OSIS. Beberapa waktu setelah tulisan itu dipublikasikan, ternyata ada calon mahasiswa yang mengontak saya. Katanya, dapat informasinya dari website ini. Alhamdulillah dua di antara yang mengontak saya diterima di IPB. Satu melalui jalur Ketua OSIS. Satu lagi di kelas internasional.

Tahun ini saya gak akan kalah dengan tahun kemarin. Saya mencoba menulis lagi. Kalau tahun kemarin hanya menyalin saja, tahun sekarang akan saya coba sambil bercerita. Semoga cerita ini bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada dibenak calon mahasiswa jalur Ketua OSIS IPB ya.


Jalur Ketua OSIS IPB

Apa sih yang membedakan dari jalur ini? Oh, tentu beda dong. Dari calonnya aja udah beda. Mereka adalah Ketua OSIS saat di sekolahnya. Jalur ini dibuka sejak tahun 2018. Jadi, di tahun 2021 ini masuk ke generasi 4. 

Setelah dinyatakan lolos dan mulai kuliah di kampus IPB, jalur ini saat kuliah sama saja dengan mahasiswa lainnya. Namun, kadang ada beberapa yang suka mempercayai dalam mengelola organisasi dan mendorongnya untuk menjadi pemimpin di organisasi. Walau nggak semua ya. 

Kendati demikian, biasanya ada program dari Direktorat Kemahasiswaan dan Pengembangan Karir (Ditmawa OK). Program khusus untuk mahasiswa jalur Ketua OSIS. Kalau yang sudah saya alami programnya seperti diklat bela negara, webinar kepemimpinan, leadership school (walau ini semuanya bisa ikut juga), dan program kepemimpinan maupun entrepreneur lainnya.

Setiap angkatan di jalur ini suka ada group WhatsApp-nya. Hal ini untuk mempermudah komunikasi dan terus menjalin silaturahmi antar sesama mahasiswa jalur Ketua OSIS. Sebut saja nama group-nya adalah Himajatos (Himpunan Mahasiswa Jalur Ketua OSIS).


Jalur Ketua OSIS Jadi Apa?

Mahasiswa dari jalur Ketua OSIS setelah diterima di IPB ada yang melanjutkan jejak kepemimpinannya, ada juga yang nggak terlalu. Kebanyakan sih melanjutkan. Bahkan, ada juga yang  menjadi pimpinan di organisasinya. Tidak sedikit loh mahasiswa jalur Ketua OSIS yang unggul dan menjadi orang terdepan dalam hal organisasi maupun prestasi (akademik dan non akademik). 

Selain itu, beberapa mahasiswa di jalur ini juga ada yang dibina lagi di Asrama Kepemimpinan dan Kader Pejuang Pertanian. Namun, asrama ini ada seleksinya dan terbuka juga untuk umum.

Tahun Ini IPB Buka Lagi Jalur Ketua OSIS?

Jawabannya BUKA. Saya telah membaca informasi di website-nya. Berikut ini akan saya tampilkan informasi resmi dari website IPB University yang memuat jalur Ketua OSIS IPB tahun 2021.




Menurut saya, menjadi mahasiswa IPB University dari jalur Ketua OSIS sangat seru dan berkesan. Saya bisa menjalin silaturahmi dengan orang-orang penting di organisasi kampus. Beberapa suadh mendapatkan amanah untuk mengendarai organisasi sehingga saya bisa banyak berdiskusi dengan mereka. Saya juga bisa saling bertukar pikiran, bukan hanya soal organisasi, tapi juga tentang masa depan.

Selain jalur Ketua OSIS, ada juga jalur-jalur lain yang dibuka oleh IPB di tahun 2021. Berikut ini informasinya.

Semoga informasi yang saya berikan bermanfaat. Bagi yang mau tanya-tanya lebih lanjut silakan WhatsApp saya di 082125826729 atau klik DI SINI. Jangan lupa membaca tulisan lainnya dan bagikan ke yang lain. Terima kasih.

Tags :

bm

MHT

Pembelajar

Spread Goodness and Expedience.

  • MHT
  • Agustus 19, 2000
  • Megamendung, Bogor, Jawa Barat
  • muhamadhusnitamami@gmail.com
  • +62821 2582 6729

Post a Comment