×Close

Notifications

Disqus Logo

Thursday, January 21, 2021

Petani Berdasi #24

 


Petani berdasi telah banyak disebut-sebut oleh para pejuang pertanian masa kini. Istilah ini merubah mindset bahwa pertanian itu tidak selalu di sawah, seperti mencangkul dan kegiatan pertanian lainnya. Sekarang pertanian sudah dapat berintegrasi dengan teknologi canggih masa kini.

 

Kendati demikian, masih ada orang yang menganggap terjun ke dunia pertanian tak memiliki masa depan. Anggapan tersebut menurut saya keliru. Petani adalah suatu pekerjaan yang mulia. Mereka dapat menyejahterakan banyak orang, dari rakyat kecil hingga konglomerat. Namun, hanya sedikit yang peduli padanya. Padahal perjuangannya sangat berjasa.

 

Kalau misalnya generasi muda sudah enggan dengan dunia pertanian, bagaimana pertanian di masa depan? Apakah ada yang melanjutkan?

 

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa saat ini terjun ke dunia pertanian tidak harus kotor-kotoran. Kita bisa memanfaatkan segala kecanggihan masa kini. Media sosial bisa menjadi salah satu cara marketingnya.

Jauh sebelum masuk ke kampus pertanian ini, mindset saya ke pertanian masih belum luas sehingga menganggap bahwa pertanian itu biasa-biasa saja. Seperti tidak memiliki masa depan. Padahal anggapan saya itu salah. Setelah masuk ke kampus pertanian ini, pola pikir saya menjadi lebih terbuka dan luas, termasuk soal pertanian.

 

Pertanian adalah bisnis yang menjanjikan di Indonesia. Hal ini disampaikan oleh Rektor IPB University pada Agustus 2020 lalu saat bersama Sandiaga Uno. Saya telah menulis tentang ini di edisi 10. Artinya pertanian memiliki masa depan dan banyak peluang di dalamnya.

 

 

Young Agripreneur Camp

 

Hari ini, Sabtu, 21 November 2020 saya bersama beberapa insan Asrama Kepemimpinan dan Kader Pejuang Pertanian akan mengikuti Young Agripreneur Camp (YAC). Kegaiatan ini merupakan gerakan mencetak 1000 agripreneur muda untuk pertanian Indonesia. Kalau melihat rundown-nya banyak materi-materi pertanian. Bahkan, ada praktiknya juga.

 

Kegiatan yang saya ikuti ini merupakan YAC batch 7 dari tanggal 21 hingga 22 kemudian 28 hingga 29 November 2020. Lokasinya di Pusat
Pelatihan Petani Muda dan Santripreneur IPB di Pesantren Pemberdayaan Umat, Desa Cibuntu,
Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor.

 

Saya berharap tujuan dari kegiatan ini dapat terwujud dan menjadi jembatan untuk menjayakan pertanian Indonesia. Hidup petani Indonesia. Hidup pertanian Indonesia. 

Tags :

bm

MHT

Pembelajar

Spread Goodness and Expedience.

  • MHT
  • Agustus 19, 2000
  • Megamendung, Bogor, Jawa Barat
  • muhamadhusnitamami@gmail.com
  • +62821 2582 6729

Post a Comment