×Close

Notifications

Disqus Logo

Thursday, January 21, 2021

Satu Per Satu Mulai Diresmikan #14

 


Kemarin tepat di momentum Hari Pahlawan Nasional, 10 November 2020 saya mendapat kabar bahwa Forum Pelajar Sadar Hukum dan Hak Asasi Manusia (FPSH HAM) Kota Cirebon telah diresmikan oleh Wali Kota Cirebon, Drs. Nasrudin Azis, S. H.. Kabar ini membuat saya semakin optimis bahwa FPSH HAM akan terus berkembang di segala penjuru Jawa Barat dan nantinya di seluruh Indonesia.

 

Peresmian FPSH HAM tersebut dikemas dalam pengukuhan Duta Hukum-HAM dan Lingkungan Hidup Kota Cirebon serta menerapkan protokol kesehatan. Sebelumnya juga, FPSH HAM Kabupaten Bogor telah resmi dilantik oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I Provinsi Jawa Barat, Drs. Dadang Sufyan Saifullah, M. Pd. pada 23 September 2020 lalu.

 

FPSH HAM kabupaten dan kota lainnya di Jawa Barat juga beberapa sudah diresmikan dan sudah ada pengurusnya. FPSH HAM Jawa Barat sendiri telah dikukuhkan oleh Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia, Yasonna Laoly didampingi oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil pada 2018 silam di Gedung Sate, Bandung.

 

Di balik peresmian itu tentunya ada rasa kebanggan bagi pengurus FPSH HAM karena forumnya telah diakui secara formal oleh pemerintah maupun instansi pendidikan.

 

Delapan tahun yang lalu forum ini berdiri. Sejarah mencatat, SMAN 27 Bandung adalah sekolah yang merintis forum ini. Ida Suciati Mandirisari dengan Hasbullah Fudail menjadi bagian dari pionir terbentuknya FPSH HAM.

 

Awal forum ini berdiri karena kekhawatiran seorang guru PPKn SMAN 27 Bandung, Bunda Suci -sapaan akrabnya- terhadap perilaku pelajar pada saat itu. Kemudian ia membentuk kelompok pencinta PPKn. Kelompok ini kemudian berkembang menjadi FPSH HAM yang kini telah dikenal oleh banyak kalangan, khususnya di Jawa Barat.

Di forum ini saya bergabung sejak tahun 2018. Awalnya diajak untuk menjadi Koordinator Wilayah FPSH HAM Kabupaten Bogor oleh Nandi, Ketua FPSH HAM Jawa Barat periode 2018-2020. Selama 2 tahun berjalan, saya mendapatkan banyak hal di forum ini. Banyak ilmu yang didapatkan. Bahkan, saya bisa mengenal dunia jurnalistik lebih lanjut di forum ini dengan dibimbing oleh Harun Mahbub Billah (HMB), Redaktur Pelaksana Liputan6.com.

 

Selain itu, pembinaan karakter juga saya dapatkan di forum ini. Apalagi ketika ada perkumpulan di provinsi, selalu ada wawasan baru yang saya dapatkan.

 

Banyak cerita di forum ini. Rapat berangkat dari Bogor ke Bandung sudah biasa. Saya sering berangkatnya dengan mengendarai sepeda motor F 6594 FA. Motor mogok di tengah perjalanan sudah pernah saya rasakan. Alhamdulillah-nya selalu ada orang baik yang membantu. Semoga orang baik itu dibalas kebaikannya oleh Allah SWT. Aamiin.

 

Kemarin-kemarin forum ini membuka pendaftaran anggota, tapi sekarang sudah ditutup. Kalau pendaftaran dibuka lagi, saya rekomendasikan untuk bergabung di forum ini. Forum ini bukan hanya diikuti oleh siswa saja, tetapi mahasiswa juga bisa gabung. Tentunya sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku.

 

FPSH HAM adalah forum yang dirintis dan dimulai pertama kali di Jawa Barat. Beberapa hari terakhir ini forum sejenis FPSH HAM sudah mulai bermunculan di provinsi lain. Semoga FPSH HAM segera ada di tingkat nasional agar dapat menjadi bagian dari pelopor kesadaran hukum dan HAM khususnya di kalangan pelajar. FPSH HAM Jawa Barat, bersatu, berdaulat, jaya jaya jaya.

Tags :

bm

MHT

Pembelajar

Spread Goodness and Expedience.

  • MHT
  • Agustus 19, 2000
  • Megamendung, Bogor, Jawa Barat
  • muhamadhusnitamami@gmail.com
  • +62821 2582 6729

Post a Comment