×Close

Notifications

Disqus Logo

Thursday, January 21, 2021

Semangat Bela Negara #46

 


Tanggal 19 Desember merupakan Hari Bela Negara yang setiap tahunnya diperingati. Tahun ini merupakan peringatan ke- 72.

 

Soal bela negara kita sudah mengetahuinya. Ada di pelajaran PKN. Kendati demikian, saya akan coba ulas kembali tentang bela negara.

 

Dasar hukum bela negara sangat jelas tertuang dalam UUD 1945 dan Undang-undang Nomor 3 tahun 2002. Begini bunyinya:

 

 

Undang Undang Dasar Tahun 1945


Pasal 27 ayat (3) mengamanatkan bahwa “Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara”.

 

Pasal 30 ayat (1) mengamanatkan bahwa “Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usha pertahanan dan keamanan negara”.

 

Undang Undang RI Nomor 3 Tahun 2002 Tentang Pertahanan NegaraPasal 9 ayat (1) mengamanatkan bahwa “Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya bela negara yang diwujudkan dalam penyelenggaraan pertahanan negara”. Selanjutnya pada ayat (2) Keikutsertaan warga negara dalam upaya bela negara, sebagaimana dimaksud dalam ayat (1), diselenggarakan melalui pendidikan kewarganegaraan, pelatihan dasar kemiliteran secara wajib, pengabdian sebagai prajurit Tentara Nasional Indonesia secara sukarela atau secara wajib, dan pengabdian sesuai dengan profesi.

 

Peringatan ke- 72 Hari Bela Negara ini mengusung tema "Semangat Bela Negara Wujudkan SDM Tangguh dan Unggul”. Tentunya tema ini memiliki makna dan harapan di dalamnya. Dengan semangat bela negara dapat mewujudkan sumber daya mnusia yang tangguh dan unggul.

 

Dengan tema tersebut secara tidak langsung mengajak kita untuk lebih semangat dalam bela negara. Implementasi bela negara sejatinya mudah kita terapkan.

Saya pernah mendengar materi dari Kanwil Kementerian Pertahanan Provinsi Jawa Barat di kegiatan FPSH HAM. Narasumber saat itu menyebut bahwa belajar adalah salah satu contoh bela negara.

 

Contoh lainnya lagi seperti mencintai produk Indonesia, melestarikan budaya, taat akan hukum dan aturan-aturan negara, mencerminkan warga negara yang baik, mengimplementasikan Pancasila, dan contoh-contoh lainnya.

 

So, menurut hemat saya bela negara tidak melulu soal angkat senjata, tapi bela negara bagaimana kita berbakti, berkorban, dan membela negara untuk kemajuan dan negara lebih baik. Kalau Anda punya pendapat lain silakan komentar.

 

Semangat untuk terus membela negara. Salam bela negara.

Tags :

bm

MHT

Pembelajar

Spread Goodness and Expedience.

  • MHT
  • Agustus 19, 2000
  • Megamendung, Bogor, Jawa Barat
  • muhamadhusnitamami@gmail.com
  • +62821 2582 6729

Post a Comment