×Close

Notifications

Disqus Logo

Monday, February 15, 2021

Antara Kuliah dan Bisnis #65

Ilustrasi


Memasuki semester 4 kehidupan kuliah semakin terasakan. Di tahun ini juga sudah menginjak 2 tahun lebih menjalani bisnis. Antara kuliah dan bisnis adalah dua hal yang jauh berbeda. Bagi saya, keduanya sangat membantu dalam hidup ini.

Kuliah membuat saya mengenal lebih jauh soal pendidikan. Tidak jarang juga mendapatkan pengetahuan baru dan kenalan baru. 

Sementara berbisnis membuat saya belajar soal manajemen. Bisnis ini jugalah yang membuat saya bisa menambah uang jajan. Walaupun beberapa bisnis yang saya tekuni semua hasilnya dikumpulkan. Kendati demikian, saya coba dengan bisnis-bisnis lain yang bisa menghasilkan.

Antara kuliah dan bisnis kadang selalu berbentrokan, tapi di sinilah kemampuan manajemen diterapkan. Mana yang prioritas. Kuliah atau bisnis. Bagi saya, keduanya juga adalah prioritas untuk menunjang hidup ini.

Berkaca beberapa waktu ke belakang, dari dua pilihan ini memang harus ada yang dikorbankan. Ketika saya memilih kuliah, berarti bisnis yang saya korbankan. Begitu pun sebaliknya. Kadang saya begadang sampai larut malam demi menyelesaikan kegiatan yang berkaitan dengan bisnis. Kadang juga saya tidak mempedulikan bisnis karena untuk kegiatan akademik.

Saya harus cerdas dalam manajemen. Inilah tantangan saya sebagai seorang mahasiswa yang juga businessman. Tidak mudah. Kadang beberapa materi kuliah kurang dipahami. Namun, terus mencobanya agar bisa memahami. Kadang meminta bantuan teman. Bukan hanya soal materi, tapi juga soal info tugas. 

Kuliah sembari berbisnis membuat saya belajar. Belajar banyak hal. Belajar bagaimana mempercayakan orang lain. Belajar tentang berbagi peran. Belajar tentang sabar. Belajar tentang berkomunikasi. Dan belajar-belajar lainnya.

Semoga saya mampu sukses di keduanya. Kuliah jalan, bisnis pun jalan. Kuliah berprestasi, bisnis pun meningkat. Aamiin. (MHT).

Tags :

bm

MHT

Pembelajar

Spread Goodness and Expedience.

  • MHT
  • Agustus 19, 2000
  • Megamendung, Bogor, Jawa Barat
  • muhamadhusnitamami@gmail.com
  • +62821 2582 6729

Post a Comment