×Close

Notifications

Disqus Logo

Saturday, April 10, 2021

Sinergi dan Kolaborasi #78


Ketika suatu keahlian spesifik berbeda berkumpul menjadi satu tim, ini akan menjadi kekuatan bagi tim tersebut. Bisa disebut akan sangat kuat. Walau tidak menutup kemungkinan ada celah yang menjadi kelemahan. Akan tetapi, anggota tim tersebut akan cepat menambal kelemahan itu. Mereka saling memiliki dan melengkapi.

Setelah mengamati lingkungan sekitar, fenomena tersebut akhirnya saya temukan. Ternyata ada di sekitar saya. Saya menemukan satu kelompok dari beragam latar belakang hobi dan bakat. Mereka saling menguatkan satu sama lain. Ada yang photographer, editor, acting, designer, hingga pilot drone. Kalau bicara multimedia, saya pikir mereka sudah lengkap. Tinggal tim marketingnya yang perlu dikuatkan. Ini untuk memasarkan jasa mereka.

Sekilas tentang mereka yang saya tahu. Mereka adalah anggota Pramuka di Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor. Di antara mereka ada yang pernah dan sedang menjadi ketua DKR. DKR atau dewan kerja ranting adalah sebuah wadah organisasi Penegak dan Pandega di tingkat kwartir ranting (kecamatan). Walau berbeda usia, tetapi (yang saya amati) mereka mampu bersikap profesionalisme.

Satu per satu projek mulai berdatangan dan mereka kerjakan. Sinergi mereka membuat relasi menyebar luas. Selain itu, kepercayaan orang lain selalu mereka junjung tinggi. Amanah dan tanggung jawab sudah melekat pada diri mereka, karena mereka telah dibentuk oleh Gerakan Pramuka melalui Tri Satya dan Dasa Dharma. Ditambah lagi didikan kakak tingkat mereka yang terukur dan terarah.

Bagi saya, ini perlu menjadi bahan pembelajaran. Kalau kita perhatikan secara baik-baik, terdapat hikmah yang dapat kita petik. Dari fenomena tersebut mengajarkan kita bahwa sukses itu bukan hanya kita, bukan untuk kita, dan bukan karena kita. Sukses itu karena kita sinergi dan kolaborasi. Kemudian, mampu membuat orang-orang di sekitar kita sukses juga.

Kalau kita sendiri, mungkin kesuksesan kita dari rentang 1 sampai 10 hanya 5, tetapi kalau kita bersama, bersinergi, dan berkolaborasi, saya pikir bisa mencapai 10. Ada quote menarik yang saat yang temukan tidak dituliskan pembuatnya. Begini quote-nya: “Bersama kita bisa. Suksesku karena kalian. Kalian sukses karena mereka dan kita”.

Sebagai seorang adik di antara mereka, saya berharap mereka mampu bersama-sama hingga sukses kelak. Usahanya yang berawal dari hobi (hobi yang dibayar) dapat berkembang pesat hingga bisa membuka lapangan pekerjaan.

Apalagi mereka bergerak di bidang industri kreatif, bidang yang masih baru di abad ini. Jika melihat ke depan, optimisnya bidang ini akan terus eksis hingga akhirnya ada bidang lain yang menggantikan.

Bogor, 14 Maret 2021
MHT

Tags :

bm

MHT

Pembelajar

Spread Goodness and Expedience.

  • MHT
  • Agustus 19, 2000
  • Megamendung, Bogor, Jawa Barat
  • muhamadhusnitamami@gmail.com
  • +62821 2582 6729

Post a Comment